Pembukaan PON XXI 2024 di Sumut Siap Digelar Hybrid, Terhubung Langsung dengan Aceh

7 September 2024 - 12:00 WIB

Medan, 6 September 2024 – Acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 tidak hanya digelar di Provinsi Aceh, tetapi juga di Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatra Utara, pada 9 September 2024.

Acara pembukaan di Sumut berlangsung secara hybrid dan terhubung langsung dengan pembukaan di Aceh yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada pukul 20.30 WIB.

Dalam konferensi pers yang digelar di Media Center PON XXI, di Hotel Santika Dyandra, Medan pada Jumat (6/9/2024), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Sumatra Utara, M. Mahfullah Pratama Daulay, menjelaskan bahwa Sumatra Utara akan mengikuti seluruh rangkaian acara yang dipusatkan di Aceh secara bersamaan.

“MC dan rundown di sini akan diselaraskan dengan yang ada di Aceh. Meskipun Presiden akan berada di Aceh, acara di Sumut tetap berlangsung dengan antusias,” jelasnya.

Acara di Stadion Baharuddin Siregar diperkirakan akan dihadiri 5.880 penonton, yang dibatasi karena sebagian area stadion digunakan untuk panggung utama.

“Stadion ini sebenarnya mampu menampung sekitar 12 ribu orang, tetapi kapasitas penonton dibatasi karena ada persiapan untuk panggung acara. Bagi masyarakat yang tidak kebagian tiket, kami telah menyediakan layar lebar di luar stadion sehingga mereka tetap dapat menikmati acara secara langsung dengan suara yang selaras,” ujar Mahfullah.

Baca Juga:  Korban Kecelakaan Tewas Tertabrak KRL di Palang Pintu Dekat Stasiun Citayam

Untuk menambah semarak acara, pintu stadion akan dibuka mulai pukul 15.00 WIB untuk sesi off air, yang menampilkan hiburan dari grup musik nasional J-Rocks dan band lokal. Masyarakat juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik dalam sesi lucky draw sebelum acara utama dimulai. Pada pukul 20.30 WIB, akan mulai sesi on air yang menayangkan secara langsung pembukaan PON XXI dari Aceh.

Pada kesempatan tersebut Mahfullah juga menjelaskan mengapa Stadion Baharuddin Siregar dipilih sebagai tempat pelaksanaan pembukaan PON di Sumut, bukan di Stadion Utama Sumut.

“Stadion Utama Sumut difokuskan untuk acara penutupan PON dan saat ini masih dalam tahap penyelesaian akhir. Oleh karena itu, kami memilih lokasi yang lebih siap untuk pembukaan,” ungkapnya.

Masyarakat Sumatra Utara sangat antusias menyambut rangkaian pembukaan PON XXI. Pembukaan diyakini akan berjalan lancar dan penuh semangat karena dukungan masyarakat yang sangat besar. Semua ingin merasakan kebanggaan menyaksikan ajang olahraga terbesar di Indonesia ini tersebut. Pembukaan yang meriah merupakan momentum persatuan dan kebanggaan dalam ajang olahraga nasional. (PB PON XX1/ TR/Elvira Inda Sari).


(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment