Pemanfaatan AI untuk Optimalisasi Fungsi MediaHub dalam Penyajian Konten Polri

30 August 2023 - 14:39 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta - Divisi Humas Polri kembali menggelar Pelatihan Operasional Pengembangan MediaHub Polri dengan fokus pada pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi penyajian konten Polri melalui platform MediaHub. Pelatihan ini diadakan di Merlynn Park Hotel, Jakarta, dan dihadiri oleh para operator MediaHUB yang berasal dari 34 Polda di Indonesia.

Pemateri yang mengisi pelatihan ini ialah Drs. Imam Wahyudi, M.Sos, selaku Konsultan Media. Pelatihan ini bertujuan utama untuk meningkatkan kemampuan personel operator MediaHUB dalam mengelola, menyajikan, dan mengoptimalkan konten yang berkaitan dengan kegiatan Polri.

Drs. Imam Wahyudi, M.Sos, mengatakan MediaHub Polri harus menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat terkait kegiatan Polri. Terlebih menjelang tahun politik seperti Pemilu, adanya platform informasi yang dapat memberikan konten yang akurat dan dapat dipercaya menjadi sangat penting untuk mencegah penyebaran berita palsu (hoax). 

Baca Juga:  Membangun Hubungan Sehat dengan Media Massa Melalui Pelatihan MediaHub Polri

Konten yang disajikan melalui MediaHub harus mampu bersaing dengan media mainstream dan memberikan informasi yang relevan bagi masyarakat.

Drs. Imam Wahyudi, M.Sos menjelaskan bagaimana pemanfaatan AI, khususnya teknologi Chat GPT, dapat membantu operator MediaHUB dalam mengoptimalkan penyajian konten Polri.

Dengan bantuan AI, operator MediaHUB dapat lebih mudah menentukan sudut pandang (angle) konten, mengembangkan ide, merangkum informasi, dan menyusun narasi yang menarik.

Selain itu, Drs. Imam Wahyudi juga menekankan pentingnya membuat konten yang dekat dan relevan dengan publik. Judul, lead, dan angle konten MediaHub harus dapat menarik minat masyarakat dengan topik-topik seperti Security, Pocket, Disruption, dan Choice.

Namun, Drs. Imam Wahyudi juga menegaskan pentingnya kritisisasi dan penyusunan ulang hasil rekomendasi konten dari AI sesuai dengan sumber berita yang diambil.

(at/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment