Pastikan Evakuasi Berjalan Lancar, Kapolda Jatim Lakukan Pantauan Udara untuk Menganalisa Jalur Turunan Lahar Gunung Semeru

9 December 2024 - 23:41 WIB
www.tribratanews.com - Lumajang. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H., kembali lakukan pantauan udara untuk menganalisa jalur turunan lahar serta pemetaan batas zona aman diseputar lereng Gunung Semeru, Kamis (9/12/2021).

Kapolda bersama para Pejabat Utama Polda Jatim berangkat menggunakan Helikopter dari Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo menuju menuju Lereng Gunung Semeru. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan penandaan wilayah batas aman dan rawan dalam membantu para petugas atau relawan hingga masyarakat yang tergabung dalam SAR gabungan / Satgas Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru.

Dalam pantauan udara, Kapolda Jatim menganalisa kawasan Jembatan Gladak Perak, perkampungan dan wilayah permukiman yang terdampak Erupsi Gunung Semeru. Bahkan Kapolda memetakan jalur aliran lahar/ yang berdekatan dengan permukiman serta area pencarian tim SAR untuk menyelamatkan korban erupsi Gunung Semeru.

Sesuai analisa pemetaan wilayah, Kapolda merekomendasikan akan membuat batas penanda. dimana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi. Penandaan tersebut akan menjadi acuan atau peringatan dini kepada para petugas relawan hingga masyarakat yang tergabung dalam SAR gabungan, Satgas Penanggulangan Erupsi Gunung Semeru.

Kapolda Jatim menyebutkan hasil pemetaan wilayah ini akan diteruskan kepada Basarnas dan Tim SAR Gabungan. Rekomendasi ini nantinya diharapkan mampu memudahkan dan membantu petugas untuk melakukan proses pencarian serta memperjelas jalur evakuasi ketika terjadi lanjutan erupsi Gunung Semeru.

Share this post

Sign in to leave a comment