Pastikan Anak Sudah di Imunisasi, Dinas Kesehatan Menggelar Sweeping di Tangerang

30 July 2024 - 16:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Tangerang. Pastikan tidak ada anak yang tertinggal atau belum diberikan imunisasi polio. Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar sweeping (penertiban) ke lapangan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Harmayani, mengatakan kegiatan sweeping dimulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2024 sebelum dosis dua diberikan yaitu tanggal 6 Agustus 2024.

"Kami akan melihat apakah ada anak yang belum diberikan imunisasi pada masa dosis pertama termasuk dampak dari pemberian dosis pertama," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Selasa (30/7/24).

Dalam kesempatannya ia mengatakan polio sudah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa daerah di Indonesia. Maka, perlu diantisipasi dengan diberikan imunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Potensi terjadinya polio di Indonesia sangat tinggi termasuk di Kota Tangerang. Polio dapat mengakibatkan kecacatan hingga kematian dan apabila sudah terkena virus polio dan belum imunisasi maka sudah terlambat. Maka, imunisasi perlu diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh khususnya kelompok umur 0 hingga 7 tahun," jelasnya.

Masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk membawa anak-anaknya ke puskesmas, posyandu, dan Pos PIN Polio untuk mendapatkan imunisasi. Ia juga mengingatkan agar orang tua kembali membawa anaknya untuk pemberian dosis kedua pada 6 Agustus mendatang.

"Imunisasi polio harus lengkap untuk memberikan kekebalan tubuh. Maka, jangan lupa juga bagi orang tua yang anaknya sudah mendapatkan dosis pertama untuk diberikan dosis kedua. Bagi yang belum mendapatkan imunisasi dosis pertama, diharapkan dapat segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan," katanya.

Perlu diketahui Dinas Kesehatan ini menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan sasaran 245.257 anak usia 0 sampai dengan 07 tahun. Putaran pertama dilaksanakan pada 23 - 29 Juli 2024 dan putaran kedua pada 6-12 Agustus 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, menjelaskan, selama tahap pertama ini akan menyasar sebanyak 35 ribu anak per hari. Setelah 14 hari sejak menerima dosis pertama, akan dilanjutkan dengan pemberian dosis kedua.

"Di Agustus nanti akan dilanjutkan dengan dosis kedua. Setelah lima hari pertama ini kami juga akan memonitor jumlah capaian imunisasi sebelum berlanjut ke dosis kedua. Kami juga mempersiapkan tim untuk menangani Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia juga menambahkan bahwa dengan jumlah vaksin yang dimiliki saat ini sudah mencukupi hingga dosis kedua. "Dalam satu tabung vaksin, dapat digunakan pada 50 anak.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment