Operasi Ketupat Kapuas 2022, Jamin Keamanan Warga Berlebaran

26 April 2022 - 22:30 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Pontianak. Perayaan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi diperkirakan akan lebih meriah dan lebih ramai dibanding tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan, pemerintah telah memberikan kelonggaran-kelonggaran dalam berbagai aktivitas masyarakat, termasuk mudik yang sudah diperbolehkan pada lebaran tahun ini setelah terjadinya penurunan kasus Covid-19 secara drastis.

Wali Kota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T., mengatakan, adanya kelonggaran-kelonggaran ini, maka harus dilakukan antisipasi dalam pengamanan selama lebaran. Untuk itu, Ia berharap dengan Operasi Ketupat Kapuas 2022 yang digelar Polresta Pontianak Kota, keamanan dan ketertiban masyarakat lebih terjamin.

"Saya mengapresiasi jajaran TNI/Polri, kita bersama-sama berkolaborasi dalam rangka mewujudkan Kota Pontianak tetap kondusif sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar terutama selama perayaan Idulfitri," ujar Wali Kota Pontianak, Selasa (26/04/22).

Ditempat yang sama Wali Kota menekankan, titik-titik yang menjadi lokasi pengamanan dalam mengantisipasi arus mudik di antaranya Pelabuhan Dwikora dan terminal-terminal angkutan umum. Kemudian berkaitan dengan pengamanan lalu lintas, hal yang perlu diantisipasi adalah kemacetan yang kerap terjadi di Jembatan Kapuas I.

Lalu, pengerjaan trotoar di Jalan Ahmad Yani yang masih dalam tahap pengerjaan, dia meminta kepada Satker Balai Besar Jalan Nasional untuk merapikan rambu-rambu dan pengamanannya.

"Hal ini untuk mencegah supaya tidak terjadi kecelakaan dan kemacetan di jalan," ungkap Wali Kota Pontianak.

Menjelang Hari Raya Idulfitri, terjadi lonjakan jumlah pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan maupun pasar-pasar yang ada di Kota Pontianak. Mereka tidak hanya warga yang berasal dari Pontianak, tetapi juga dari kabupaten sekitarnya yang datang untuk berbelanja berbagai keperluan lebaran.

"Hingga malam perayaan Idulfitri pun tempat-tempat tersebut masih ramai dikunjungi. Ini yang perlu kita antisipasi terutama kemacetan lalu lintas dan gangguan keamanan seperti copet, jambret dan tindak kriminalitas lainnya," terang Wali Kota Pontianak.

Share this post

Sign in to leave a comment