Ombudsman RI Beri Apresiasi Kinerja Polda Bali

3 June 2024 - 12:44 WIB
www.tribratanews.com - Denpasar. Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., menerima kunjungan anggota Ombusman Republik Indonesia di Polda Bali, Denpasar, Bali, pada Rabu 2 Mei 2021. Anggota Ombusman RI yang berkunjung di Polda Bali antara lain Jemsly Hutabarat, Johanes Widijantoro dan Umar Ibnu Alkhatab selaku Kepala Perwakilan Ombusman RI Provinsi Bali.


Sedangkan Kapolda Bali didampingi oleh Waka Polda Bali Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., beserta jajaran pejabat utama Polda Bali.



Anggota Ombusman RI menyampaikan tujuan kunjungannya ke Polda Bali adalah untuk ajang silaturahmi sekaligus menjalin sinergi Ombudsman dengan Polda Bali. Anggota Ombusman RI juga menyampaikan pujian atas kinerja Polda Bali.

"Ombudsman sangat mengapresiasi kinerja Kapolri terkait kemajuan teknologi Kepolisian dalam Laporan Masyarakat, dan untuk pelaporan masyarakat pada ruang lingkup di Wilayah Hukum Bali sesuai data yang dimiliki Ombudsman bahwa tidak ditemui persoalan yang rumit. kerja sama sinergi antara Ombudsman dan Polri diharapkan terus terjalin dan ditingkatkan kedepannya," jelasnya. Menanggapi hal tersebut, Kapolda Bali, menyampaikan kerjasama dan sinergitas antara Ombudsman Perwakilan Bali dengan Polda Bali telah terjalin baik yang digambarkan dalam berbagai kegiatan. 
"Kegiatan yang dilakukan antara Polda Bali dan Ombudsman saling mendukung satu sama lainnya," jelasnya.

Kapolda Bali juga menjelaskan tentang program yang belum lama ini dilaunching Polri bernama Layanan Polisi 110 menjadi sentral pelayanan terpadu masyarakat. Kapolda Bali juga mengajak rombongan Ombudsman untuk bersama-sama mengunjungi Posko Dumas Presisi Polda Bali dan kecanggihan dari Command Centre Polda Bali.

Polda Bali membangun gedung baru untuk kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus di Jalan Kamboja, Denpasar, Bali. Kapolda Bali didampingi jajaran pejabat utama Polda Bali telah melaksanakan groundbreaking peletakan batu pertama di lokasi proyek, Rabu 2 Juni 2024 kemarin.  Adapun pembangunan Gedung Dit Reskrimsus Polda Bali ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Badung Tahun 2021, dengan lama waktu pelaksanaan pengerjaan selama 210 hari dan nilai kontrak Rp. 38.791.501.000,-. Pelaksanaan pembangunan dimulai pada tanggal 27 April 2024 yang lalu dan sesuai dengan kontrak gedung Dit Reskrimsus ini selesai pada tanggal 22 November 2021.

Dalam acara yang juga dihadiri langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, itu, Kapolda Bali menyampaikan bahwa gedung Dit Reskrimsus Polda Bali yang lama memiliki keterbatasan kapasitas ruang operasional, kondisi ini dianggap perlu dilakukan pengembangan tata ruang pelayanan publik.

"Pengembangan tata ruang publik yang bersifat khusus seperti sistem informasi analisa cyber, smart trace, information center digital analytic, dan lain-lain," terang Kapolda.



Lanjut Kapolda, pembangunan gedung ini diharapkan dapat mendukung segala kegiatan operasional Dit Reskrimsus dalam penanganan kriminal khusus di wilayah hukum Polda Bali. Kapolda bali mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati Badung yang telah memberikan dukungannya dalam pengembangan sarana dan prasarana yang ada di Polda Bali.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Badung, karena selama ini sudah banyak mendukung dalam pembangunan di Polda Bali, sehingga dengan pembangunan tersebut, kami Polda Bali dalam melaksanakan tugas menjadi sangat dibantu. Seperti kutipan yang saya baca, dengan keamanan yang kondusif, maka kegiatan yang lain dapat berjalan baik, untuk itu saya ucapakan terimakasih bapak Bupati Badung atas dukunangannya ini," pungkasnya.

Selain itu Kapolda Bali berharap pembangunan gedung Dit Reskrimsus Polda Bali dalam pekerjaannya pihak pelaksana pembangunan agar mengerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan berprinsip tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran sebagaimana yang tertuang di dalam kontrak kerja atau surat perjanjian, sehingga bangunan Ditreskrimsus ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan harapan kita bersama. Pada akhir acara, secara simbolis dilakukan penyerahan alat pelindung keselamatan pekerja oleh Kapolda Bali dan Bupati Badung.

Share this post

Sign in to leave a comment