Menteri Agraria dan Tata Ruang Ingin Masyarakat Ikut Sosialisasi Manfaat Sertifikat Elektronik

14 June 2024 - 12:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Badung. Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional, Mayor Inf. TNI H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A., menginginkan supaya masyarakat ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan manfaat dari program sertifikat tanah elektronik.

"Jadi mohon bantuannya bagi yang sudah merasakan layanan ini, disosialisasikan," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Kamis (13/6/24).

Dalam keterangannya ia menjelaskan manfaat dari program sertifikat tanah elektronik, yakni lebih aman, karena bukti kepemilikan lahan tersebut sudah terintegrasi, dan tersimpan dengan baik dalam database Kementerian ATR/BPN. Hal itu turut menjadikan sertifikat tanah elektronik sulit untuk diduplikasi.

Baca Juga: Kemenkes: 65 Persen Anak Usia Sekolah Tidak Sarapan

"Kalau dulu fisik sifatnya, kalau sekarang elektronik. Jadi satu lembar saja bisa dicetak, ada barcode-nya mudah-mudahan juga lebih aman, masuk ke dalam database sehingga tidak mudah dipalsukan atau disalahgunakan, dan diduplikasi," ujarnya.

Selanjutnya ia juga menyampaikan dengan banyaknya masyarakat yang mengetahui manfaat dari sertifikat tanah elektronik, hal ini juga membantu untuk meningkatkan kesejahteraan melalui optimalisasi kepastian hukum atas tanah.

Ia menjelaskan masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tanah bisa memanfaatkan bukti kepemilikan aset tersebut untuk pemodalan usaha.

"Sertifikat hak milik tentu ini punya nilai ekonomi. Jadi kalau ada yang punya usaha, jika dibutuhkan itu bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan modal usaha dari bank. Ini kira-kira manfaat dari memiliki sertifikat tanah yang resmi dari negara," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment