Menpora Ingin Sederhanakan Jumlah Cabang Olahraga di PON Selanjutnya

20 September 2024 - 20:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menginginkan adanya penyederhanaan atau pengurangan jumlah cabang olahraga (cabor) dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) selanjutnya.

"Kami juga ingin ke depan adanya penyederhanaan jumlah cabang olahraga di PON," ujar Menpora, Jumat (20/9/24).

Menurutnya, penyederhanaan jumlah cabang olahraga itu dibutuhkan agar PON bisa fokus pada cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang olahraga yang diikuti negara-negara lain, seperti Asian Games dan SEA Games.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat

"Kami ingin PON ini fokus, pertama pada cabang olahraga yang dipertandingkan di Olympics baru setelahnya Asian Games dan SEA Games dan ini harus kita hitung dengan kemampuan daerah dan juga potensi dari daerah," terang Menpora.

Pada PON XXI ini, total ada 65 cabang olahraga yang dipertandingkan, mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern. Lalu, terdapat cabang olahraga yang tidak dipertandingkan dalam Olimpiade seperti squash, e-sport, catur, aerosport, barongsai, pencak silat, dan sejumlah cabang olahraga lainnya.

Sebagai informasi, PON berikutnya yakni PON XXII akan digelar pada 2028 dengan tuan rumah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment