Menko PMK Buka Pelabuhan Ciwandan untuk Layani Pemudik Lebaran 2023

11 April 2023 - 08:00 WIB
Dok. Polri

www.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut jika Pelabuhan Ciwandan akan melayani pemudik lebaran di tahun ini. Langkah itu untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di Pelabuhan Merak.

"Penambahan pelabuhan, yang semula Merak-Bakauheni sekarang Ciwandan untuk penyebrangan, yang sebelumnya hanya dijadikan pelabuhan emergency," ujar Menko Muhadjir di Pelabuhan Merak, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Kapolri Imbau Masyarakat Mudik di Siang Hari

Namun, pelabuhan Ciwandan itu hanya untuk pemudik sepeda motor. Sementara kendaraan pribadi, tetap melalui Pelabuhan Merak.

Pemerintah memperkirakan ada 123,8 juta orang melakukan perjalanan pada saat cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah. Menko Muhadjir mengatakan, peningkatan jumlah pemudik itu harus diantisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas dengan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan penyeberangan menuju Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bkauheni, Lampung.

Perubahan pelayanan itu atas petunjuj Presiden Joko Widodo, setelah melihat mudik lebaran di tahun-tahun sebelumnya yang terjadi kepadatang hingga antrean panjang di Pelabuhan Merak.

"Kami menyakini dengan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan dipastikan arus mudik lebaran berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak," tutup Menko Muhadjir.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment