Menjelang Pemilu 2024, Tokoh Agama Papua Ajak Masyarakat Jaga Persatuan

17 January 2024 - 15:00 WIB
Dok. Satgas DC

Tribratanews.tribratanews.com - Jayapura. Tokoh Agama Islam Papua, Ustad Ismail Asso, memberikan tanggapannya mengenai persiapan Pemilu 2024 yang semakin dekat. Dalam keterangannya, Ustad Ismail menyampaikan keyakinannya bahwa Pemilu di Papua akan berjalan dengan aman dan damai, Rabu (17/1/24).

Ustad Ismail Asso mengimbau semua pihak terutama kontestan, partai politik, dan masyarakat untuk menjaga kedamaian dan menghindari konflik antarpendukung. Ustad Ismail menekankan pentingnya kesadaran semua calon, baik calon gubernur maupun bupati, untuk menjaga agar proses Pemilu tidak memicu konflik horizontal di masyarakat.

Baca Juga: Antisipasi Gangguan, Polisi Lakukan Pengamanan dan Pengecekan Gudang Logistik KPU di Balikpapan

"Kami meminta para calon dan oknum terkait untuk menghindari potensi konflik, terutama terkait hasil verifikasi atau kekalahan. Saya menekankan agar elit politik tidak memprovokasi masyarakat dan menjaga keberlanjutan kerukunan di Papua," ungkap Ustad Ismail Asso.

Menyadari potensi risiko, Ustad Ismail Asso juga menyoroti peran aparat keamanan, baik Polda Papua maupun Polres di seluruh kabupaten, dan mendukung keterlibatan TNI dalam menjaga ketertiban. Ia berharap kerja sama antara kepolisian, TNI, dan tokoh adat dapat menjaga Papua dari konflik horizontal.

"Kami juga menegaskan bahwa pemilihan pemimpin harus didasarkan pada kualitas dan kemampuan pemimpin tersebut untuk memperjuangkan keadilan, pemerataan, dan kesejahteraan rakyat, bukan karena motif pribadi yang dapat memicu ketegangan di masyarakat," ujar Ustad Ismail Asso.

Ustad Ismail Asso juga menambahkan bahwa menjaga kedamaian dan keselamatan masyarakat Papua selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama aparat keamanan, tokoh adat, dan seluruh komponen masyarakat.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment