Meningkatnya Pemutusan Hubungan Kerja, Menaker Buka Program Entrepreneur

3 September 2024 - 15:18 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Ketenagakerjaan, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., akan menangani permasalahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan memberikan program entrepreneur.

Dalam kesempatannya ia mengungkapkan, Kemenaker akan menciptakan 142 ribu pengusaha baru menyikapi meningkatkannya PHK mencapai 46 ribu orang.

"Tahun ini kita akan memberikan kesempatan kepada calon entrepreneur sebanyak 142 ribu orang. Kami punya program tenaga kerja mandiri, kalau mereka sudah satu tahun kami berikan program ini, ketika satu tahun dia mampu merekrut tenaga kerja baru maka kita berikan program Tenaga Kerja Mandiri Lanjutan," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Senin (2/9/24).

Baca Juga: Tunggal Putri Badminton Indonesia Qonitah Raih Perak di Paralimpiade

Selanjutnya ia menargetkan korban PHK yang mengikuti program entrepreneur akan mendapatkan pelatihan, bimbingan, dan dukungan selama setahun. Ia berharap program entrepreneur dapat mempertahankan jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah yang juga semakin menurun.

"Mempertahankan kelas menengah ini diantaranya memastikan jaminan sosial kepada mereka. Kita juga sudah punya program Jaminan Kehilangan Pekerjaan, teman-teman yang menggunakan dana JHT untuk kondisi darurat," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia menambahkan, meskipun terjadi peningkatan PHK di 2024, namun angka jumlah PKH tertinggi masih di 2023. Kemenaker mencatat jumlah PHK dari Januari hingga November 2023 mencapai 57.932 pekerja.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment