KPU DKI Siapkan Surat Suara dengan Huruf Braille untuk Disabilitas Tunanetra

20 July 2023 - 10:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta sedang menyiapkan surat suara yang dilengkapi huruf braille. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penyandang tunanetra ketika mencoblos di Pemilu 2024.

Braille adalah sistem tulisan dan cetakan berdasarkan abjad Latin. Sistem tulisan ini dibuat untuk para tunanetra.

"Surat suara untuk pemilih disabilitas sensorik netra nanti dibuat huruf awas. Selain itu, kami akan mempertegas huruf braille yang dapat diraba oleh jari,” ujar anggota KPU DKI Jakarta sekaligus Ketua Divisi Data dan Informasi Fahmi Zikrillah seperti dikutip dari RRI, Kamis (20/7/23).

Baca Juga:  Menkopolhukam dan Mendagri Sepakat Pemilu adalah Tanggung Jawab Seluruh Elemen Masyarakat

Fasilitas tersebut, kata Fahmi, diharapkan dapat membantu pemilih disabilitas khususnya tuna netra. Adapun terkait jumlah yang akan disiapkan, KPU DKI masih menunggu keputusan bersama KPU nantinya.

“Berdasarkan data dari KPU DKI Juli 2023, tercatat 8.252.897 pemilih. Jumlah tersebut, 61.747 di antaranya merupakan penyandang disabilitas,” tutur Fahmi.

Ia menyebut untuk disabilitas fisik berjumlah 24.197 pemilih, disabilitas mental sejumlah 22.871 pemilih, dan sensorik wicara sejumlah 8.935 pemilih. Kemudian, jumlah sensorik netra sejumlah 3.958 pemilih, disabilitas intelektual sejumlah 1.051 pemilih, dan sensorik rungu sejumlah 735 pemilih. 

“Kami berharap dengan adanya fasilitas ini para penyandang disabilitas dapat menyalurkan hak suaranya. Hak suara mereka pun dapat tersampaikan dengan baik,” ujar Fahmi.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment