KPU: Ada 2 Tahap di Pengundian Nomor Urut Paslon Capres-Cawapres

14 November 2023 - 19:00 WIB
Source Foto : Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Kholik menjelaskan bahwa mekanisme pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 dilakukan secara dua tahap.

Tahap pertama adalah pengambilan nomor antrean sesuai dengan urutan waktu pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

"Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka," ujar Anggota Idham, Selasa (14/11/23).

Baca Juga: Polri Berhasil Tangkap 1.066 Tersangka TPPO, Selamatkan 2.840 orang

"Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean, baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," lanjut Anggota Idham.

Adapun agenda pengundian nomor urut ini akan dimulai dengan gala dinner atau jamuan makan malam bersama pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tak hanya itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

Setelah itu, akan ada rapat pleno terbuka pengambilan atau pengundian nomor urut. Terakhir, KPU memberikan kesempatan kepada setiap pasangan calon, yakni Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran untuk menyampaikan kata sambutan masing-masing selama 10 menit.


ndt/pr/nm

Share this post

Sign in to leave a comment