KPK Ingatkan ASN dan Aparat Bersikap Netral Jelang Pencoblosan

9 February 2024 - 17:45 WIB
Source Foto: Website KPK

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) hingga aparat bersikap netral jelang hari pencoblosan, 14 Februari 2024.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengimbau ASN dan aparat tidak memihak kepada salah satu pasangan calon (paslon).

"KPK mengingatkan kepada seluruh insan KPK, ASN dan segenap aparatur negara untuk menjaga netralitas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dengan menghindari sikap dan perilaku yang memihak kepada salah satu peserta pemilu," ujar Wakil Ketua Ghufron, Kamis (8/2/24).

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk tanggung jawab dan pengabdian aparatur negara kepada bangsa dan negara. KPK juga mengajak masyarakat turut serta dalam menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung 14 Februari nanti. 

Baca Juga: Polri Siapkan 25.000 Untuk Amankan Pemilu 2024

"Laporan pengaduan yang disampaikan harus bersifat objektif berdasarkan data awal yang dilaporkan. Bukan atas dasar subjektivitas ataupun kepentingan tertentu lainnya," tegas Wakil Ketua Ghufron.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menegaskan seluruh aparatur negara harus netral dalam Pemilihan Umum 2024. Aparat yang dimaksud mulai dari aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Presiden juga meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di pusat maupun daerah bertidak profesional. Selain itu mereka juga harus menjaga integritas pemilu.

"KPU, Bawaslu, dan seluruh jajaran sampai ke daerah juga harus professional. Dan memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat," tutup Presiden Jokowi.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment