Korlantas Antisipasi Perlintasan Sebidang Timbulkan Kepadatan Kendaraan Saat Arus Mudik

6 March 2024 - 22:30 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan perlintasan sebidang menjadi salah satu yang diantipasi agar tidak menimbulkan kepadatan kendaraan saat arus mudik-balik Hari Raya Idulfitri.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen. Pol. Raden Slamet Santoso mengungkapkan, pihaknya telah mencatat perlintasan sebidang yang ada di Jawa Barat, Banten, Palembang, Lampung. Diakuinya, beberapa perlintasan sebidang itu tidak memiliki palang pintu. 

Baca Juga: Jelang Rapat Pleno, Kapolda Tinjau KPU Provinsi Lampung

Diakui Dirgakkum, perlintasan sebidang tanpa palng pintu terbanyak berada di Jawa Timur.

"Jawa Timur paling banyak ada 90 lebih, di Banten ada, Jawa Barat juga ada, Jawa Tengah juga ada, termasuk Yogyakarta juga ada. Itu perlu diantisipasi terutama kecelakan lalu lintas dan kemacetan," kata Dirgakkum, Rabu (6/3/24).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk di Palembang yang harus lebih diperhatikan adalah perjalanan Kereta api batu bara dengan rangkaian panjang. Oleh karenanya, untuk mencegah terjadinya kepadatan karena hal itu, penutupan dalam rentan satu jam sekali mungkin saja dilakukan.

"Itu kan matiin mesin. Dihitung panjang mobil katakan 2,5 meter kali berapa waktu sudah berapa kilo panjangnya. Itu perlu diantisipasi," jelasnya.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment