Ketua Umum PMI: Atas Bantuan Panglima TNI dan Kapolri, Persediaan Darah Naik 80 Persen

19 September 2020 - 15:52 WIB
tribratanews.com-Jakarta. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Dr.(H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla menghadiri dan memantau langsung acara donor darah di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (19/9/20). Acara yang diikuti oleh ratusan personel kepolisian dan TNI itu menjadi langkah PMI menaikkan stok darah yang hanya tinggal 50 persen akibat pandemi Covid-19.



“Atas bantuan Panglima TNI dan Kapolri, saya mendapatkan donor darah anggotanya. Sehingga persediaan kita bisa naik 80 persen dari 50 persen,” ungkap Jusuf Kalla Sabtu (19/9/20) pagi.

Untuk diketahui, donor darah kali ini dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M. dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Para pejabat utama (PJU) Polda Metro Jaya juga ikut mendonorkan darah.

Ketua Umum PMI itu mengungkapkan setiap tahun PMI memerlukan persediaan darah hingga 5 juta kantong. Darah itu dibutuhkan untuk masyarakat yang sedang mengalami kecelakaan dan operasi. Untuk keperluan itu, persediaan darah selalu terpenuhi berkat program donor darah di perkantoran.

Saat ini persediaan darah PMI menipis dan hanya terpenuhi 50 persen saja. Covid-19 membuat banyak kantor tutup dan orang tidak keluar rumah. “Sehingga terjadi kekurangan stok darah pada 2 bulan lalu, mulai bulan puasa,” lanjut mantan Wakil Presiden RI itu.

Jusuf Kalla pun berharap akan ada banyak lagi masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya ke PMI melalui acara serupa agar stok darah di PMI dapat tersedia dan masyarakat yang membutuhkan transfusi dapat segera tertolong. (ng/bq/hy).

Share this post

Sign in to leave a comment