Kemenparekraf Harap Imlek Bisa Dorong Target Kunjungan Wisatawan Asing

30 January 2024 - 15:00 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap perayaan Imlek 2024 dapat mendorong target kunjungan wisatawan asing tahun ini.

Pasalnya, sejumlah tempat destinasi wisata telah disiapkan selama libur Perayaan Tahun Baru Imlek 2024. 

“Kami menyiapkan peta perjalanan liburan imlek, destinasi wisata di Jakarta, Surakarta, Semarang, Palembang dan Singkawang serta Kalimantan Barat. Perayaan tahun baru masyarakat Tionghoa ini dapat menopang target kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sebesar 14,3 juta,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (29/1/24).  

Baca Juga: Ditsamapta Polda Sulteng berhasil Gagalkan Aksi Tawuran Antar Geng Motor di Kota Palu

Selain itu, Menteri Sandiaga juga mengimbau kepada penyelenggara dan masyarakat untuk mengedepankan kearifan lokal dan budaya Tionghoa. Di Jakarta sendiri, ada kawasan Glodok, Petak Sembilan yang menjadi desa wisata ala Pecinan. 

“Kalau di Semarang Pecinan berada di Kawasan Kauman, Semarang Tengah dengan arak-arakan patung Sam Poo Kong. Di kawasan Solo, Jawa Tengah ada desa wisata Pecinan di Pasar Gede yang juga menyajikan atraksi Grebek Sudiro,” jelas Menteri Sandiaga.

Tak hanya itu, ia menyebutkan Pecinan juga ada di Palemba Sumatera Selatan seperti wisata Pulau Kemaro dengan tradisi kesenian barongsai. Kemudian, Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 mempersembahkan festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. 

“Kepada berbagai pihak tetap laksanakan kebersihan, kesehatan dan keamanan. Khususnya selama perayaan berlangsung,” tutup Menteri Sandiaga.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment