Kemenkes: Penting Wujudkan Warga Lansia yang Sehat untuk Tingkatkan Usia Harapan Hidup

15 June 2024 - 20:45 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nida Rohmawati mengatakan seiring peningkatan usia harapan hidup dan Indonesia memasuki periode aging population, mewujudkan warga lanjut usia (lansia) yang sehat berperan optimal menjadi penting.

"Berdasarkan sensus penduduk pada 2023 persentase penduduk lansia adalah sebesar 11,75 persen dan jumlah ini diprediksi akan meningkat menjadi hampir 20 persen dari total penduduk Indonesia di 2045," ujar Direktur Nida, Jumat (14/6/24).

Ia menjelaskan saat ini terdapat sekitar 28,9 juta lansia di Indonesia dan diperkirakan akan mencapai lebih dari 50 juta orang pada 2045. Menurutnya, proses penuaan mengakibatkan lansia mengalami kemunduran fisik dan mental, sehingga rentan dengan berbagai masalah kesehatan. Mereka juga sering mengalami komorbiditas atau komplikasi penyakit.

Baca Juga: Hasil Euro 2024, Timnas Jerman Bungkam Timnas Skotlandia 5-1

Selain itu dampak perubahan demografi dengan bertambahnya jumlah lansia adalah keterbatasan akses lansia terhadap sumber daya dasar yang diperlukan untuk menikmati hidup yang bermartabat, serta hambatan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan masyarakat," jelas Direktur Nida.

Oleh karena itu, perlu kolaborasi multi-pihak guna menangani masalah tersebut agar lansia yang ada dapat hidup sehat mandiri, aktif, dan produktif.

"Secara global PBB telah mencanangkan Decade of Healthy Aging pada 2024 sampai 2030 yang merupakan strategi utama untuk membangun masyarakat dari berbagai usia," ungkap Direktur Nida.

Ia menyebut inisiatif global itu menyatukan upaya pemerintah, masyarakat sipil, lembaga internasional, tim profesional, akademisi, media, dan pihak swasta, untuk meningkatkan kehidupan para lansia, keluarganya, serta dan komunitasnya.

Direktur Nida mengatakan inisiatif itu meliputi empat aksi. Pertama, menangkal isu ageism atau pola pikir dan tindakan terhadap orang lain berdasarkan persepsi mengenai usia. Kedua, lingkungan yang ramah lansia. Ketiga, pelayanan terintegrasi bagi lansia dan keempat berupa perawatan jangka panjang bagi lansia.

Indonesia, kata Direktur Nida, telah mengadaptasi pelayanan terintegrasi bagi lansia melalui Skrining Kesehatan Lansia Sederhana atau SKILAS.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment