Kapolri: Polantas adalah Super Hero, Bisa Jalankan Tugas dalam Situasi Apapun

11 March 2024 - 11:57 WIB
www.tribratanews.com-Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengibaratkan Polisi Lalu Lintas (Polantas) sebagai super hero di film-film besutan Marvel. Korps Lalu Lintas bisa menjalankan tugas dan pengabdiannya dalam kondisi apapun.

Pernyataan tersebut disampaikan Jenderal Pol. Listyo Sigit saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas tahun 2021. Acara berlangsung di Pusat Pendidikan Lalu Lintas, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (10/3/21).

"Diibaratkan film marvel bahwa polantas seperti manusia baja karena menjalankan tugas dalam situasi apapun, hujan, panas, gelap, bencana selalu hadir," ungkap Kapolri dalam arahannya.

Jenderal Bintang Empat ini menyebut Polantas merupakan perwakilan Polri yang selalu berada di garis depan dalam melayani masyarakat. Kinerja mereka berpengaruh besar terhadap Korps Bhayangkara.

"Tentunya ada risiko yang melekat. Kegiatan positif akan berdampak positif organisasi Polri dan sebaliknya. Maka harus kita jaga perform dengan baik dan prima," tutur mantan Kadiv Propam Polri itu.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri meminta anggota Polantas harus mampu melakukan transformasi yang presisi, baik dalam organisasi, operasional, pelayanan publik dan pengawasan dengan memanfaatkan teknologi agar pelayanan ke masyarakat bisa maksimal.

"Saya minta kepada lantas mempunyai performance yang bagus dan hal-hal yang berisiko diganti dengan teknologi, dan tugas difokuskan pada pengaturan lantas, mengurai kemacetan," jelas mantan Kabareskrim Polri itu.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten ini mengatakan jajaran Polantas harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan masyarakat, tanpa kehadiran masyarakat. Salah satu contohnya yakni bagaimana pembuatan pelayanan SIM ke depan bisa melaksanakan ujian SIM dengan aplikasi.

"Baru praktek ke gerai-gerai yang telah disiapkan. Mungkin dikasih gerai simulasi praktek SIM," tegas Kapolri. (ng/bq/hy).

Share this post

Sign in to leave a comment