Kapolda Papua Jamin Situasi Kondusif Saat Pelaksanaan PON XX Papua

16 September 2024 - 12:46 WIB
www.tribratanews.com - Jayapura. Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri menjamin pelaksanaan PON XX Papua 2024 pada tanggal 02-15 Oktober mendatang tetap aman dari aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang.

Irjen Pol. Mathius D Fakhiri menjelaskan wilayah Pegunungan Bintang jauh dari lokasi pelaksanaan PON di empat kabupaten/kota yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Pegunungan Bintang itu sangat jauh dari klaster PON di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika, mungkin jaraknya sampai 200 kilometer," terang Jenderal Bintang Dua di Jayapura, Selasa (14/09/21).

Kapolda Papua menjelaskan bahwa letak Pegunungan Bintang berada di kawasan pegunungan tengah Papua yang justru lebih dekat dengan wilayah Papua Selatan.

Selain itu, kondisi infrastruktur jalan di Papua sebagian besar belum terhubung dengan moda transportasi darat.

Bahkan satu-satunya akses menuju Pegunungan Bintang, hanya bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang.

Jarak jalan darat terdekat menuju Pegunungan Bintang adalah melalui Kabupaten Keerom, namun saat ini akses belum terhubung.

"Saya pastikan lokasi pelaksanaan PON tetap aman," tutur lulusan Akabri tahun 1990.

Irjen Pol. Mathius D Fakhiri mengatakan pengamanan maksimal akan tetap disiapkan saat pelaksanaan PON.

Selain itu akan ada penebalan pasukan sebanyak 16 kompi dari Brimob Nusantara yang akan datang pada 16 September 2024 ke Jayapura.

Share this post

Sign in to leave a comment