Kapolda NTT Pimpin Langsung Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Polri SIPSS dan SIP

26 January 2024 - 08:33 WIB
www.tribratanews.com-Kupang. Untuk menciptakan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif, Kepolisian Daerah Nusa tenggara Timur (Polda NTT) menggelar acara pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke-50 T.A. 2024 Panda Polda NTT yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Mapolda NTT, Senin (25/1/21).

Penandatanganan Pakta Integritas dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., yang didampingi oleh Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto S.I.K., dan Kabidpropam Polda NTT Kombes Pol. Agus Suryanto, S.H. dan dihadiri Panita Penyelenggara Seleksi Panda Polda NTT, perwakilan Peserta yang mengikuti Seleksi dan Orang Tua Wali.

Dengan adanya pendemi covid-19 yang mewabah di Indonesia, maka pelaksanaan kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas kali ini dilakukan secara daring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. namun walaupun demikian diharapkan tidak mengurangi makna dan tujuan dari proses pelaksanaan penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke-50 T.A. 2024 ini.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan pakta integritas serta pengambilan sumpah dan pembacaan pakta integritas oleh para pihak baik panitia, orang tua maupun peserta.

Kapolda NTT dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada tahun 2021, Polri kembali membuka penerimaan anggota Polri yang dimulai dari penerimaan Siswa SIPSS. Dimana sesuai dengan namanya calon Perwira Polri ini bersumber dari sarjana-sarjana yang kompetensinya diperlukan oleh institusi Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian diantaranya, Kedokteran Umum dan Gigi, Psikologi, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Penerbang, Apoteker, Sastra Cina dan Perancis, Pendidikan Olahraga dan Kurikulum, Perpajakan.

“Langkah ini menyiratkan bahwa tantangan tugas yang dihadapi Polri kedepan, akan semakin berat dan kompleks, dimana kondisi ini, tentu mensyaratkan adanya sumber daya manusia Polri yang unggul dan kompetitif”, ungkap Irjen Pol Lotharia Latif.

“Oleh karena itu, maka rekrutmen kali ini akan menjadi kesempatan emas bagi kita semua, untuk mempersiapkan sumber daya manusia personel Polri yang unggul dan bermoral, sehingga dapat mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya”, tambah Kapolda NTT. (ng/bq/hy).

Share this post

Sign in to leave a comment