Kapolda Jatim Silaturahmi dengan Rektor Jatim Bahas Penanganan Kanjuruhan dan Narkoba

4 November 2022 - 13:13 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Jatim. Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., menggelar silaturahmi dengan Forum Rektor se-Jawa Timur yang dilaksanakan di Lobby Lantai 2 Gedung Patuh, Mapolda Jatim, Kamis (3/11/22).

Silaturahmi Kapolda Jatim bersama Forum Rektor tersebut diikuti sebanyak 23 Rektor Universitas Se-Jatim. Dalam kegiatan tersebut juga ada beberapa pembahasan.

Baca Juga : Polda Jatim Ungkap Sindikat Pengedar Uang Palsu Lintas Provinsi

Pertemuan itu dibahas soal tugas kepolisian terkait dengan penanganan narkoba dan tragedi Kanjuruhan serta membangun kembali kepercayaan publik kepada Polri. 

Selain Kanjuruhan, dibahas juga persoalan penanganan narkoba, Kamtibmas, radikalisme atau terorisme dan korupsi.

"Dalam proses penyelesaian kasus Narkoba dan Kejadian Kanjuruhan Malang, para rektor dapat memberikan saran serta masukan kepada Polda Jatim. Sehingga dengan adanya masukan itu Polda Jatim dapat melaksanakan tugas Kepolisian dengan baik," kata Kapolda Jawa Timur dilansir dari website beritatkp. 

Tidak hanya silahturahmi, kegiatan itu dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab terkait langkah yang akan diambil dan sebagai bahan masukan dalam menentukan kebijakan terkait pelaksanaan tugas Kepolisian yang bersumber dari para akademisi.

"Selaku warga baru di Jawa Timur, saya berharap bisa diterima di kalangan akademisi bapak dan ibu rektor. Kami yakinkan karena kami juga butuh akademisi," ungkap jenderal bintang dia itu dalam sambutannya. 

Kapolda mengaku prihatin dengan kasus narkoba yang menyasar anak berusia 12-14 tahun. Apalagi bahan terlarang itu kebanyakan dikonsumsi bukan oleh kalangan menengah ke atas.

“Tetapi justru di grass root ini realitas yang sungguh menyedihkan. Saya juga ingin memerankan bapak dan ibu rektor untuk bisa memerangi ini,” tambahnya.

Kapolda menegaskan tidak berkompromi dengan anggotanya yang kedapatan menyalahgunakan narkoba. 

“Saya juga tidak pernah kompromi dengan anggota saya. Sudah banyak ratusan anggota saya yang saya pecat,” tegasnya. 

Terkait dengan Tragedi Kanjuruhan, Kapolda meminta maaf kepada keluarga korban. Bahkan Kapolda datang langsung menemui keluarga korban di Malang. 

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment