Kapolda Babel Cek Kesiapan Sarpras dan 104 Kendaraan Dinas untuk Kesiapan Pengamanan G20 di Belitung

2 September 2022 - 09:07 WIB

Tribratanews.tribratanews.com – Pangkal Pinang. Kapolda Babel, Irjen. Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H., memimpin apel pengecekan sapras dan kendaraan dinas Operasi Satam Menumbing 2022 jelang kesiapan pengamanan G20 Belitung di halaman Polda Babel, Kamis (1/9) siang.

Dalam kegiatan itu, sejumlah kendaraan operasional dibariskan dan dilakukan pengecekan satu per satu. Kabid Humas Polda Babel, Kombes. Pol. Maladi mengakui, pengecekan 104 unit kendaraan dinas ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kendaraan operasional ini sebelum diberangkatkan ke Pulau Belitung.

"Jadi sebelum diberangkatkan, dilakukan pengecekan mulai dari kondisi fisik hingga peralatan pendukung kendaraan, sehingga kendaraan benar-benar siap digunakan dalam pengamanan," kata Kabid Humas Polda Babel.

Selanjutnya, kendaraan dinas yang sudah dilakukan pengecekan ini kemudian akan diberangkatkan ke Pulau Belitung secara bertahap. Selain kendaraan milik Polda Babel, sejumlah kendaraan milik polres jajaran yang berada di Pulau Bangka turut dilibatkan untuk mendukung pengamanan ini.

"Nantinya keberangkatan akan melalui jalur laut dari Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan. Keberangkatan kendaraan bertahap, dimulai hari ini dan keberangkatan kedua pada hari Jumat," jelasnya.

Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Babel, AKBP. Deddy Dwitya Putra memastikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai hal terkait rekayasa jalan raya yang bakal dilalui setiap delegasi di pertemuan G20.

"Kalau kita rekayasa jalan masih kita rencanakan karena kita belum bergeser ke Belitung. Kemungkinan ada beberapa jalur yang nantinya akan kita rekayasa melihat situasi kepadatan yang ada, karena jalur yang akan dilalui adalah jalur utama ke kota ke bandara," kata Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Babel.

Menurutnya, untuk jam rekayasa jalan nantinya, bakal menyesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan baik pulang, pergi dan saat pelaksanaan acara. "Kita meminta agar masyarakat mendukung terselenggaranya giat G20 ini, ciptakan tertib budaya berlalu lintas di Belitung, tunjukan masyarakat Bangka Belitung adalah masyarakat yang taat berlalu lintas," harapnya.

Ia juga meminta masyarakat memperhatikan jalan yang akan digunakan sehari-hari. Sehingga, apabila ada penumpukan mobilitas dapat mencari jalan alternatf lain sehingga tidak mengganggu lalu lintas jalan.

Karo Ops Polda Babel, Kombes. Pol. Pontjo mengatakan, kepolisian akan mengerahkan seluruh sumber daya manusia yang ada di Polda Babel untuk mendukung pelaksanaan dan kelancaran G20. "Jadi personel saat ini yang disiapkan ada 1.116 personel, yang nantinya ini juga akan tergabung bersama di lokasi pelaksanaan G20 tersebut," kata Karo Ops Polda Babel.

Dalam pelaksanaannya juga, Polda Babel turut bersinergi dengan seluruh instansi dan TNI serta stakeholder terkait untuk pengamanan ini. "Termasuk di sini kami juga sudah koordinasi dengan instansi terkait antisipasi bahaya lain seperti bencana alam dan terakhir tentunya kami akan mencoba untuk mengantisipasi dengan rencana kontijensi," jelasnya.

Ia juga memastikan, pihaknya akan menjamin kelancaran dan kenyamanan dalam kunjungan para Delegasi di G20 Belitung dengan bersinergikan antara instansi imigrasi, kekarantinaan serta bandara. "Kita juga menyosialisasikan sesuai imbauan Bapak Kapolri, mari kita tunjukan keramahan dan kearifan Indonesia kepada dunia dalam momentum presidensi G20. Kapolri juga siap memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat di G20," harapnya.

Pesawat delegasi asing yang mengikuti pertemuan tingkat menteri Development Working Group (DWG) G20 di Belitung diwacanakan akan terparkir di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel, Asban Aris mengatakan, pesawat yang diparkir nanti adalah jenis pribadi dari delegasi luar negeri. "Kalau dalam rapat rencana iya begitu, itu kalau pesawat pribadi mereka. Kalau pesawat komersil pasti terbang turunkan," ujar Asban, Rabu (31/8).

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Bandara Depati Amir kota Pangkalpinang terkait hal ini. "Sesuai tupoksi, kita tetap berkoordinasi dengan EGM, kalau mereka pasti siap karena ini untuk dukungan G20," katanya.

Diakuinya, belum diketahui dengan pasti jumlah pesawat pribadi yang bakal terparkir di bandara tersebut. "Kalau pesawat bisnis itu nanti lengkap akan ke sini, jadwal juga ada," jelasnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Adiwiyanto siap memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan G20. Bahkan, untuk rencana parkirnya pesawat delegasi asing itu memang diusulkan dari pihak bandara. "Sangat mungkin, memang kita yang menawarkan. Kami siap, lima bisa (jumlah pesawat yang bisa diparkir)," kata Adiwiyanto.

Share this post

Sign in to leave a comment