Kapolda Aceh : Satpam Adalah Perpanjangan Tangan Polri, Harus Mengerti Disiplin, Hierarki dan Jauhi Perbuatan Melanggar Hukum

3 February 2022 - 13:14 WIB
www.tribratanews.com - Banda Aceh. Merayakan Upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke-41, para anggota Satpam hadir di Gedung Presisi, Mapolda Aceh, Rabu (2/1)

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M., dan turut dihadiri oleh pejabat kepolisian dan perwakilan unsur Forkopimda Aceh.

Dalam sambutannya, Kapolda Aceh mengatakan, tugas Satpam adalah preemtif dan preventif yang turut membantu tugas polisi di bidang pengamanan.

”Satpam adalah perpanjangan tangan Polri, karena itu, Satpam harus mengerti disiplin, hirarki dan jauhi perbuatan yang melanggar hukum," tegas Kapolda Aceh.

“Sehingga Satpam ke depan bisa diandalkan,” pungkas Kapolda Aceh.

Kapolda Aceh juga berpesan kepada perusahaan jasa pengamanan terkait pembinaan terhadap Satpam. Khususnya perihal Sumber Daya Manusia, legalitas atau perizinan, sistem pelatihan Satpam pada institusi seperti Polri. Sehingga, akan melahirkan Satpam yang unggul dan profesional.

Selanjutnya, Kapolda Aceh juga mengingatkan pola operasional di lapangan agar bisa bekerja secara profesional serta tetap menjalin komunikasi dengan anggota Polri.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Aceh, Kombes. Pol. Mohammad Muslim Siregar didampingi Kasubdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Aceh, Kompol. H. Hamidi mengatakan, jumlah Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang ada di Aceh saat ini berjumlah 58 BUJP.

"Namun BUJP yang menyelenggarakan Diklat sebanyak 7 BUJP, masing-masing PT SSA, PT JGI, PT OKS, PT RUP, PT ARM, PT FPP dan PT DERRE,” jelas Dirbinmas Polda Aceh.

Kemudian, terkait instansi atau lembaga yang menggunakan jasa Satpam di Aceh tercatat sebanyak 120 instansi. Adapun jumlah Satpam di Aceh tahun 2024 sebanyak 5.166 orang terdiri dari pria sebanyak 5.138 orang dan wanita 28 orang. Sedangkan, jumlah Satpam yang telah mengikuti pendidikan sebanyak 2.366 orang dan belum mengikuti pendidikan sebanyak 2.800 orang.

(fa/bq/uf)

Share this post

Sign in to leave a comment