Jelang Mudik Lebaran 2023, Polda Sumsel Imbau Warga Tidak Bakar Lahan di Sekitar Jalan Tol

16 April 2023 - 21:30 WIB
Foto: antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Palembang. Polda Sumsel mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan khususnya di kawasan sekitar jalan tol Trans Sumatera (JTSS) di daerah setempat karena dampaknya akan berbahaya.

"Terlebih di sekitar jalan tol karena asap pembakaran akan mengganggu arus lalu lintas pemudik yang sudah mulai berlangsung pada H-7 Idul Fitri ini," jelas Kabid Humas Polda Sumsel Kombes. Pol. Supriadi dilansir dari laman antaranews, Sabtu (15/4/23).

Kombes. Pol. Supriadi mengatakan personel Kepolisian sudah menyosialisasikan imbauan tersebut secara komprehensif kepada warga yang berkebun atau bertani di sekitar jalan tol. Beberapa titik yang menjadi perhatian karena rawan aktivitas pembakaran lahan meliputi kawasan Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Baca Juga:  Polisi Menyiapkan 2.000 Paket Kebutuhan Pokok pada Bazar Ramadan di Sulbar

Untuk diketahui, lahan perkebunan dan persawahan warga di daerah itu hanya berjarak sekitar 10 hingga 15 meter dari Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang – Indralaya, Ogan Ilir, dan ruas Palembang – Kayu Agung, Ogan Komering Ilir – Provinsi Lampung.

"Pak Kapolda Sumsel juga sudah memerintahkan Kapolres setempat (Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir) melakukan penguatan jangan sampai ada asap pembakaran lahan," ungkap Kabid Humas.

Kabid Humas memastikan personel Kepolisian siap melakukan tindakan hukum sesuai ketentuan yang berlaku bila ada warga yang mengabaikan imbauan itu dan tetap membuka lahan dengan cara membakar. Sejauh ini tidak ditemukan titik api di ruas jalan wilayah Sumsel sekaligus dalam hal ini kami pun sudah berkoordinasi dengan kepala daerah memperketat pengawasan.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment