Jelang Hari Jadi Ke-78, Korps Brimob Polri Laksanakan Tradisi Pensucian Pataka

14 November 2023 - 10:51 WIB
SuratKabarIndonesia.com

Tribratanews.go.id – Jakarta. Tradisi turun temurun pensucian pataka Korps Brimob Polri
menyambut hari Ke-78 Korps Brimob Polri yang jatuh pada tanggal yang jatuh pada tanggal 14 November, namun upacara akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2023 mendatang, Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han, selaku pimpinan tertinggi, Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri memimpin langsung pelaksanaan pensucian Pataka Korps Brimob Polri “Satya Cakti Yanottama” bertempat di Gedung Satya Haprabu, Mako Brimob Kelapadua, Cimanggis Depok, Senin (13/11/23).

Satya Cakti Yanottama adalah nama pataka Korps Brimob Polri yang mendapat penganugrahan tertinggi yakni “Nugraha Sakanti Jana Utama” dianugrahkan langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Baca Juga: BP2MI Pastikan Negara Hadir Cegah Sindikat PMI Ilegal

Tradisi pensucian pataka sebagai pemuliaan nilai-nilai luhur yang perlu dipertahankan sebagai wujud rasa nasionalisme dan pelestarian budaya nusantara, serta mengandung makna yang tertanam di tubuh setiap insan Brimob untuk menjaga kesucian, kesetian, kemampuan dan pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

Selain itu, diharapkan kedepan Korps Brimob Polri mempunyai semangat, motivasi, dan dedikasi untuk mengamankan negara. Kemudian pengabdian yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan dapat mengharumkan bangsa.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment