Hilangkan Trauma Warga dari Aksi KKB, Polda Papua dan Pemkab Puncak Gelar Program Binmas Noken

30 May 2024 - 12:43 WIB

www.tribratanews.com - Papua. Kepolisian Daerah Papua mengajak Pemerintah Kabupaten Puncak dalam penyelenggaraan program pembinaan masyarakat (binmas) noken dan penyembuhan trauma warga.

 

 

 

Hal tersebut dimaksudkan agar warga bisa beraktivitas secara normal setelah daerah itu terbebas dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

 

 

 

"Keberadaan aparat keamanan di Kabupaten Puncak untuk melindungi warga dari gangguan KKB,"

 

 

 

Kapolda Papua menjelaskan di wilayah yang sudah aman dari gangguan KKB di Kabupaten Puncak itu, akan digelar program binmas noken dan penyembuhan trauma masyarakat agar mereka tidak merasa ketakutan lagi dan kembali beraktivitas secara normal, termasuk ke kebun.

 

 

 

Kapolda juga mengatakan bahwa saat ini beberapa kampung yang sebelumnya dijadikan KKB sebagai markas atau basis, sudah diamankan oleh aparat keamanan yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi. Oleh karena itu, pihaknya berharap, masyarakat tidak perlu lagi ketakutan atau tertekan seperti yang selama ini terjadi karena adanya gangguan dari KKB.

 

 

 

Berdasarkan laporan yang diterima Fakhiri, terungkap bahwa KKB senantiasa mengintimidasi warga agar membantu mereka, khususnya berupa bahan makanan. Melalui program binmas noken, Polri akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sedangkan penyembuhan trauma lebih banyak diberikan ke anak-anak.

 

 

 

Kapolda juga menjelaskan situasi kamtibmas di Kabupaten Puncak saat ini relatif aman dan kondusif, termasuk di beberapa kampung yang sebelumnya terjadi gangguan keamanan dilakukan KKB.

Share this post

Sign in to leave a comment