Haul Guru Sekumpul, Kapolda Kalsel Minta Jangan Tunggangi dengan Hal Berbau Politik

8 January 2024 - 13:57 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Banjarmasin. Polda Kalsel akan melibatkan KPU dan Bawaslu dalam pengamanan Haul ke-19 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul. Kapolda Kalsel, Irjen. Pol. Winarto, S.H., M.H., mengungkapkan bahwa pelibatan KPU dan Bawaslu sangat penting untuk mengantisipasi adanya pelanggaran pemilu di acara haul dan tidak ingin ditunggangi politik praktis.

“Karena ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, berbarengan dengan suasana pemilu. Ini yang perlu diantisipasi. Kami akan libatkan KPU dan Bawaslu,” jelas Kapolda Kalsel, MInggu (7/1/24).

Baca Juga: Polda Bali Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Kapolda juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan dalam pengamanan haul Abah Guru Sekumpul dengan menggelar rapat koordinasi bersama pemangku kepentingan. Rencananya rapat koordinasi tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (12/1/24) mendatang dan mengundang KPU dan Bawaslu.

“Nanti akan dikoordinasikan. Apa saja boleh dilakukan, apa yang tidak. Ini demi kelancaran dan ketertiban,” jelasnya lebih lanjut.

Jenderal Bintang Dua itu juga mengungkapkan bahwa berkaitan dengan jumlah personel yang diterjunkan dan bentuk pengamanan, akan dijelaskan pada rapat koordinasi mendatang.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment