Gunung Marapi Erupsi, Sebagian Pendaki Telah Dievakuasi

4 December 2023 - 09:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Sebanyak 49 orang dari 75 pendaki di sekitar Gunung Marapi, Sumatera Barat, telah dievakuasi.

Awalnya, diketahui sejumlah pendaki dilaporkan masih terjebak di kawasan Gunung Marapi Sumatra Barat, ketika gunung tersebut mengalami erupsi, pada Minggu (3/12/23) sore

"Sekitar 28 orang sudah dievakuasi di Batu Palano, dan 21 orang di Kota Baru. Sedang seluruh pendaki 75 orang," ujar Kasiops SAR Padang, Hendri, seperti dikutip dari RRI, Senin (4/12/23).

Baca Juga: Barcelona Menang Tipis 1-0 Atas Atletico Madrid

Kasiops SAR Padang, Hendri, mengatakan dari 75 tersisa, 26 orang lagi yang akan diusahakan dievakuasi hari ini. Tim SAR pun telah mengetahui titik evakuasi di sekitar kawasan Bukit Pariangan.

"Saat ini keberadaan mereka sudah kami ketahui. Saat kami ingin mendekat, namun gunung merapi terus erupsi," tambah Kasiops SAR Padang, Hendri.

Kendati demikian, tim SAR akan terus memantau kondisi para pendaki.

"Tetapi untuk pagi ini, tim kita sudah bersiap untuk evakuasi dengan menggunakan APD lengkap. Karena debu vulkanik masih terus dikeluarkan oleh gunung Marapi," jelas Kasiops SAR Padang, Hendri.

"Dan kami mengimbau agar masyarakat dan Pemerintah Daerah sekitar bisa terus waspada dengan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Jauhi lokasi Gunung Marapi," tutup Kasiops SAR Padang, Hendri.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment