Gempa di Sukabumi Terjadi Dua Kali Pagi Ini

24 September 2024 - 09:30 WIB
Dokumentasi BMKG

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa 4,4 magnitudo di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar, sekitar pukul 06.53 WIB. Gempa susulan kemudian terjadi lagi pada 07.35 WIB dengan kekuatan 3,7 magnitudo.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, menyatakan bahwa hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berada pada episenter koordinat 7.5 LS dan 107.02 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km Tenggara Kota Sukabumi. Gempa terjadi pada kedalaman 61 km. 

Baca Juga: Mendag Sita Karpet asal Turki Senilai Rp10 Miliar

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia (intra-slab),” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/24).

Menurutnya, dampak gempa ini dirasakan di wilayah Cianjur Selatan, Kab. Sukabumi, Bogor, Bayah, Lebak, Kab.Bandung, dan Kab.Garut. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkapnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment