Fashion Muslim Tanah Air Cerminkan Kekayaan Budaya Nusantara

20 April 2022 - 02:10 WIB

tribratanews.tribratanews.com - Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma'ruf Amin., menjelaskan fashion Muslim di Tanah Air kini mencerminkan kekayaan ragam budaya khas Nusantara. Trend fashion Muslim saat ini telah berkembang luas di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Selasa (19/4/22).

“Busana muslim yang berkembang di Indonesia pun mencerminkan kekayaan ragam budaya khas Nusantara,” jelas Wakil Presiden RI.

Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma'ruf Amin., menuturkan trend busana muslim sekalipun asalnya dari luar Indonesia, kini diadopsi bahkan berkembang menyesuaikan dengan ciri khas daerah dan karakter budaya Indonesia.

“Meski tetap mengikuti kaidah busana muslim kita dapat melihat corak dan keunikan busana muslim berbeda-beda di setiap wilayah Indonesia. Kekayaan budaya tersebut sekaligus memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pencipta trend fashion muslim dunia,” tambah Wakil Presiden RI.

Selain itu, Wakil Presiden RI, mengatakan produk halal tidak luput dari dampak pandemi Covid-19 termasuk fashion halal Global yang bernilai miliaran dolar pun penjualannya sempat anjlok seiring tutupnya gerai ritel dan pusat perbelanjaan di berbagai belahan dunia.

Namun, pada 2021, industri ini bangkit karena kemampuannya beradaptasi dengan teknologi digital diantaranya melalui optimalisasi pemasaran dan penjualan via kanal digital sampai dengan kreasi peragaan busana secara virtual.

Sebagai salah satu industri unggulan dari ekosistem halal Indonesia, Wapres pun berharap ekspor fashion muslim ke pasar global akan mampu meningkat signifikan dalam tahun-tahun mendatang.

“Busana atau fashion memang merupakan karya yang bernilai sosial dan budaya tinggi, bahkan kerap menjadi simbol atau identitas pemakainya,” tutup Wakil Presiden RI.

Share this post

Sign in to leave a comment