Dit Intelkam Polda Sultra Silaturahmi dengan Mahasiswa Papua di Kendari

12 March 2024 - 11:01 WIB
www.tribratanews.com - Kendari. Subdit IV Direktorat Intelkam (Dit Intelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan penggalangan dan silahturahmi dengan mahasiswa asal Papua yang sementara mengikuti pendidikan (kuliah) di Universitas Haluoleo (UHO) Kendari.



Silaturahmi berlangsung di Posko Ormas Brotherhood Anoa Kendari, tepatnya di pelataran MTQ, Rabu 10 Maret 2021, sekira pukul 21.00 WITa. Sebanyak 13 mahasiswa asal Papua hadir dalam kegiatan tersebut, salah satunya Ketua Mahasiswa Papua JH Jorgen. Kegiatan penggalangan dan silahturahmi itu bertujuan untuk mendiskusikan terkait viralnya kegiatan unjuk rasa mahasiswa Papua di Malang. Dimana ujuk rasa berujung pembubaran oleh aparat Kepolisian yang menuai tanggapan beragam dari publik. Khususnya, dari kalangan masyarakat Papua.



Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Mahasiswa Papua di UHO JH Jorgen mengatakan, apa yang terjadi di Malang proses hukumnya menyerahkan kepada pihak yang berwajib. Menurut Jorgen, tujuan teman-teman datang di Kendari tidak lain hanya untuk belajar menimba ilmu sampai kelak mendapatkan gelar sarjana. Apalagi, sambung Jorgen, biaya kuliah ditanggung oleh Negara.



“Teman-teman (mahasiswa) Papua yang kuliah di UHO, selama ini tidak pernah melakukan aksi unjuk rasa. Mahasiswa Papua yang kuliah di Kendari mendapat arahan (perintah) dari mahasiswa Papua di Malang, untuk memberikan dukungan dan solidaritas terhadap saudara-saudara mereka di Malang. Namun, menurut kami apa yang terjadi di Malang untuk penanganannya kami percayakan kepada pihak yang berwajib. Kami mahasiswa Papua meminta kepada pemerintah, mahasiswa dan masyarakat Kota Kendari untuk memberikan rasa aman dan menerima kami sebagai sesama anak bangsa dan memberikan ruang dalam melaksanakan kuliah maupun beraktivitas sehari-hari di Kota Kendari,” jelas perwakilan Mahasiswa.



Untuk diketahui, kegiatan silaturahmi terlihat rileks dan santai karena berdiskusi sembari menikmati suguhan kopi di Posko Brotherhood Anoa Kendari. Di penghujung silaturahmi itu, dilanjutkan dengan makan malam bersama diakhiri dengan foto bersama.

Share this post

Sign in to leave a comment