Disdik DKI Minta Pelajar Pemilih Pemula Tak Golput

13 February 2024 - 10:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengajak pemilih pemula, khususnya pelajar, untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

Disdik DKI meminta pemilih pemula untuk tidak menjadi bagian dari golongan putih (golput).

"Diharapkan partisipasi pemilih pemula lebih banyak dan diharapkan tidak ada yang golput karena hak suara para pelajar menentukan keberhasilan pemerintahan ke depan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah , Senin (12/2/24).

Dalam rangka mendorong pemilih pemula, Disdik DKI telah menggandeng KPU dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta melakukan pendidikan politik terkait pemilu ke sekolah-sekolah melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

Baca Juga: Kapolda Banten Lakukan Pengecekan TPS Rawan Banjir di Tangerang

Menurut Plt Taga, generasi muda atau pelajar memiliki peran penting dalam memajukan demokrasi di Indonesia. Melalui pemahaman politik yang baik, para pelajar dapat berkontribusi secara positif dalam memilih pemimpin.

"Karena generasi muda atau pelajar merupakan agen perubahan yang dapat memajukan bangsa melalui keterlibatan positif dalam proses politik," ujar Plt Taga.

Selain itu, media atau pers juga memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan politik kepada pelajar.

Sedangkan bagi praktisi, para ahli maupun peserta pemilu 2024 dapat melakukan edukasi maupun sosialisasi kepada pelajar terkait pentingnya pendidikan politik.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment