Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke 74, Polri Bantu Penuhi Kekurangan Stok Darah PMI

29 June 2020 - 11:50 WIB
www.tribratanews.com – Jakarta. Beragam aksi sosial sudah banyak dilakukan oleh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di Indonesia. Teruma untuk menyambut hari Bhayangkara ke 74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli nanti, Polri kembali melakukan aksi donor darah serentak pertengahan bulan Juni 2020.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan intruksi langsung Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang dituangkan dalam Surat Telegram (TR) bernomor ST/1127/KRP./2020.

Dalam Surat Telegram (TR) bernomor ST/1127/KRP./2020, Kapolri menginstruksikan kepada para Kasatker dan Kasatwil untuk mendonor darahnya berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing degan tetap mempedomani protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak atau physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Hasil donor darah serentak yang dilakukan 34 Polda serta 500 Polres seluruh Indonesia menghasilkan sebanyak 29.722 kantong darah. Ini sekaligus membantu memenuhi kekurangan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) dimasa pandemi Covid-19,” jelas Kadiv Humas Polri, Senin (29/06/2020).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut menjelaskan bahwa satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa karena pasokan darah itu dapat dipecah menjadi tiga komponen yaitu sel darah merah, plasma dan trombosit.

“Dengan mendonorkan darah, kita bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga dampak psikologis yang sangat positif," jelas Kadiv Humas Polri.

(fn/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment