Brazil Identifikasi Dugaan Kasus Flu Burung pada Manusia, RI Perlu Waspada?

19 May 2023 - 14:30 WIB
Foto: Pixabay

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Brazil belakangan ini tengah mengidentifikasi kemungkinan kasus baru flu burung pada manusia. Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) setempat mengidentifikasi sejumlah unggas terpapar flu burung A (H5N1).

Pasalnya, pria 60 tahun yang melakukan kontak erat dengan unggas sakit mengeluhkan gejala flu ringan. Karenanya, ia langsung diisolasi dan sampelnya tengah dianalisis di laboratorium. Apakah Indonesia perlu waspada?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi memastikan, hingga saat ini nihil infeksi flu burung pada manusia, risiko penularan semakin tahun terus menurun.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Sebut Tilang Manual Bukan Bentuk Intimidasi

Bahkan kasus terakhir dilaporkan pada lima tahun lalu. "Sampai saat ini belum ada kasus. Terakhir 2018 ya," terang dr. Nadia saat dikutip dari Detik, Jumat (19/5/23).

Meski nihil kasus, pemerintah memasifkan surveilans berjaga-jaga virus lebih dulu menyebar pada manusia. Peningkatan surveilans juga dilakukan saat sejumlah unggas di beberapa wilayah terinfeksi virus.

"Iya ini kan surveilans bersama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Kehutanan Lingkungan, jadi perlu dideteksi kejadian tiba-tiba di unggas liar dan ternak," pungkasnya.

(sy/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment