Baru 47 Persen, Arus Balik dari Tol Kalikangkung Diperkirakan Masih Berlanjut Hingga Akhir Pekan

27 April 2023 - 15:42 WIB
Foto: Dok. Humas Polda Jateng

Tribratanews.tribratanews.com - Jawa Tengah. Arus balik mudik lebaran tahun 2023 masih terus berlangsung. Kendaraan yang melintas kembali ke Jakarta melewati Tol Kalikangkung tercatat sekitar 47 persen.

"Data yang masuk hampir sekitar 397 ribu, itu yang masuk Jateng melalui Tol Kalikangkung, sekarang sudah 47 persen yang sudah kembali. Sisanya masih ada tanggal 27, 28, 29 sampai 30 (April)," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho saat diwawancarai di Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis (27/4/2023).

Kombes Pol. Agus mengatakan, pada 29 April hingga 1 Mei mendatang, sisa kendaraan arus balik periode dua akan berjalan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Korps Lalu Lintas Polri pun masih terus melanjutkan operasi.

"Selama operasi ketupat ada 253 pos tetap beroperasi," tutur Dirlantas.

Baca Juga:  Polda Jabar Imbau Masyarakat Cek Kepadatan Tempat Wisata Sebelum Berangkat

Kombes Pol. Agus menambahkan, Operasi Ketupat 2023 rencananya akan rampung pada 1 Mei 2023. Kendati demikian, operasi tersebut bisa dilanjutkan apabila memang masih diperlukan.

"Nanti setelah dianalisa bisa diperpanjang tapi nanti tanggal 1 operasi direncanakan selesai," jelas Dirlantas menambahkan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga melayani dan mengamankan arus balik Lebaran 2023 karena adanya potensi pergeseran puncak arus yang diperkirakan berlangsung hingga 30 April dan 1 Mei.

Jenderal Pol. Listyo Sigit meminta seluruh jajarannya untuk bersiaga, baik di jalan tol maupun arteri, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri, sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," ujar Kapolri.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment