Ada 4 Kecelakaan Fatal Selama Arus Lebaran, Kapolda Jatim Cek Lalin Arus Balik

11 May 2022 - 22:18 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Tuban. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., melakukan pengecekan arus lalu lintas usai arus balik lebaran di Pantura Tuban. Dari pantauan di depan pos pelayanan di pinggir laut Jalan RE Martadinata, arus lalin terpantau lancar dan ramai.

"Saat ini arus lalin lancar, kita lihat sendiri. Begitu pula saat puncak arus balik Sabtu Minggu kemarin Pantura juga ramai lancar," ujar Kapolda Jatim kepada wartawan, Senin (9/5/22).

Beliau menuturkan dampak positif dari adanya mudik lebaran kali ini adalah banyak pedagang makanan minuman di Pantura yang meraup rezeki karena jualannya laku banyak saat mudik lebaran berlangsung.

"Barusan saya tanya ke beberapa penjual makanan dan bakso di pinggir jalan tadi, mereka senang selama arus mudik jualannya laku dibanding lebaran tahun sebelumnya. Sehingga ini dampak positif ekonomi yang terjadi selama mudik kali ini," imbuh Jenderal Bintang Dua ini.

Beliau mengatakan ada empat kasus kecelakaan yang fatal selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022. Kecelakaan sendiri terjadi rata-rata terhadap roda empat dengan kesalahan pada faktor manusia. Beliau meminta para pemudik untuk berhati-hati dalam berkendara dan beristirahat saat kondisi capek, lelah, dan mengantuk.

"Untuk data yang dikumpulkan ada empat (kecelakaan) yang rata rata karena faktor manusia. Penyebabnya karena kelelahan. Sehingga kami imbau saat kelelahan dan ngantuk silakan untuk istirahat di pos pam atau pos pelayanan yang telah disiapkan. Untuk data lengkapnya nanti akan kita kompulirkan minggu depan," jelas Mantan Kapolda Kalsel.

Meski mudik lebaran telah berakhir, ujar Kapolda Jatim, pihaknya masih akan memperpanjang waktu satu pekan ke depan untuk operasi kali ini.

"Untuk waktu operasi diperpanjang satu pekan. Operasi rutin yang ditingkatkan hingga Senin depan. Secara keseluruhan di Jawa Timur lancar selama arus mudik dan balik berlangsung," jelas Kapolda Jatim.

Beliau menghimbau masyarakat yang baru pulang mudik dan kembali ke tempat kerja untuk melakukan pengecekan kesehatan sebelum kembali berbaur dan berkumpul di lingkungan kerjanya.

Setelah melakukan pemantauan arus lalu lintas Pantura Tuban, beliau juga melihat secara langsung pos pelayanan bertema Ronggolawe dengan patung kuda Ronggolawe yang terbuat dari 230 knalpot brong hasil sitaan selama operasi yang dilakukan Satlantas Polres Tuban.

Selain patung kuda yang unik, pos yan ini juga dipenuhi dengan berbagai fasilitas di antaranya mobil baca, rest area, tempat vaksin Covid-19 dan berbagai ruang lainnya.

Share this post

Sign in to leave a comment