5 Persiapan Di Rumah Untuk Menyambut Ramadan Agar Puasa Penuh Berkah

30 April 2022 - 07:00 WIB

www.tribratanews.com - Umat Muslim kini sudah mulai melakukan beberapa persiapan, mulai dari kebutuhan rumah hingga batin, agar puasa nanti bisa lebih berkah.

Dalam menyambut Ramadan, umat Muslim tentunya akan menunjukkan salah satu wujud cintanya kepada Allah Swt. Salah satu yang sederhana ialah menyambutnya dengan keriangan hati.

Sebagaimana dalam surah Yunus ayat 58, Allah Swt berfirman:

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

Qul bifadlil laahi wa birahmatihii fabizaalika falyaf rahuu huwa khairum mimmaa yajma'uun

Artinya: "Katakanlah: 'Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan."

Berikut dijelaskan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Firdaus Muhammad:

1. Segera Menuntaskan Pekerjaan

Bagi umat Muslim yang bekerja dan punya tugas yang mendesak sebaiknya dapat diprioritaskan sebelum memasuki Ramadan. Selain di kantor, memanfaatkan waktu menyelesaikan pekerjaan di rumah juga disarankan.

2. Berbelanja Pakaian Lebih Awal

Umat Muslim di Indonesia punya kebiasaan membeli pakaian serba baru ketika sudah mendekati Lebaran. Namun sejatinya, waktu yang tepat untuk itu bisa dilakukan sebelum masuknya Ramadan.

3. Kumpul Bersama Keluarga

Hal yang juga baik dilakukan dalam menyambut datangnya Ramadan adalah berkumpul bersama keluarga di rumah. Kebiasaan ini sudah dilakukan umat Muslim sejak dulu, termasuk menjalani sahur pertama bersama keluarga.

4. Siapkan Menu Ramadan

Kebutuhan selama Ramadan sudah perlu disiapkan mulai sekarang. Terutama menu-menu makanan dan minuman yang akan disajikan bersama keluarga. Namun tidak juga dilakukan dengan berlebihan.

5. Perkuat Mental

Dalam berpuasa akan ada banyak godaan yang bisa mengganggu khusyuknya ibadah kita. Maka dari itu umat Muslim juga perlu mempersiapkan mental sebelum memasuki Ramadan nanti.


Share this post

Sign in to leave a comment