Waspada, Inilah Lima Gejala Diabetes Pada Wanita

14 August 2024 - 08:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Diabetes merupakan penyakit yang penderita tidak menyadari munculnya penyakit ini,

Semakin lama diabetes tak terdiagnosis, semakin besar pula peluang penderita diabetes untuk mengalami komplikasi di kemudian hari. Beragam komplikasi terkait diabetes bisa memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesehatan

Berikut adalah ciri-ciri penyakit diabetes pada wanita yang harus diwaspadai, Dilansir dari Health Line, Minggu (11/8/24)

1. Sering Buang Air Kecil
Salah satu gejala umum diabetes adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari. Ini terjadi karena ginjal berusaha membuang kelebihan gula dari darah melalui urine.

2. Rasa Haus yang Berlebihan
Lantaran sering buang air kecil, tubuh kehilangan banyak cairan, yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Wanita dengan diabetes mungkin merasa sangat haus meskipun sudah minum banyak air.

3. Penurunan Berat Badan Signifikan
Meskipun makan normal atau lebih banyak, wanita dengan diabetes mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efektif sebagai sumber energi, sehingga mulai memecah lemak dan otot untuk energi.

4. Kelelahan Ekstrem
Tingginya kadar gula darah membuat tubuh kesulitan untuk menggunakan glukosa sebagai energi, sehingga menyebabkan kelelahan yang ekstrem. Wanita dengan diabetes mungkin merasa sangat lelah meskipun cukup istirahat.

5. Penglihatan Kabur
Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan perubahan cairan dalam lensa mata, yang mengakibatkan penglihatan kabur. Jika tidak segera diobati, hal ini bisa berlanjut menjadi komplikasi mata yang lebih serius, seperti retinopati diabetik.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment