Inilah Beberapa Sayuran Untuk Penambah Darah

14 August 2024 - 06:45 WIB
alodokter

Tribratanews.tribratanews.com - Kurangnya produksi sel darah merah bisa menyebabkan anemia. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami berbagai keluhan, mulai dari lemas, kulit tampak pucat, sakit kepala, sering pusing, detak jantung tidak teratur, tangan atau kaki dingin, dan sulit konsentrasi

Anemia bisa dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penambah darah, misalnya dari daging, jeroan, telur, maupun ikan, dan juga dari sayur penambah darah.
 
Untuk membentuk sel darah normal dan sehat, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi berupa zat besi, folat, vitamin B12, dan vitamin C.

Berikut sayuran untuk penambah darah, diantaranya, dilansir dari alodokter : 

1. Brokoli
Sayuran ini kaya akan folat dan zat besi sehingga termasuk dalam sayur penambah darah. Kandungan zat besi brokoli matang adalah 1 mg per porsi atau per 150 gr. 

Sementara itu, kandungan folat dalam brokoli matang adalah 170 mcg per cangkir. Jumlah ini sudah bisa memenuhi ⅓ kebutuhan folat anak usia 10 tahun hingga orang dewasa.

2. Bayam
Sayuran ini terkenal akan kandungan zat besinya sehingga sangat disarankan untuk penderita anemia.

Sayuran ini juga dilengkapi dengan vitamin C yang penting untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.   

3. Pakcoi
Sayuran yang sering diolah menjadi tumisan ini mengandung 1,8 mg zat besi dan 130 mcg folat di setiap cangkirnya (200 gr).     

4. Rumput laut kering (nori)
Setiap 50 gr nori mengandung sekitar 12,5 mg zat besi dan 170 mcg folat. Rumput laut juga sangat bergizi karena kaya akan yodium.

5. Kale
Dalam 1 cangkir (100 gr) tumisan kale mengandung 1 mg zat besi dan 75 mcg folat. Kandungan nutrisi ini membuat kale menjadi sayur penambah darah untuk mengatasi anemia.

6. Kangkung
Kangkung kaya akan zat besi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat.

Setiap 100 gr kangkung mengandung 2,5 mg zat besi. Selain zat besi, sayuran ini juga dilengkapi dengan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.  

7. Sawi hijau
Sawi hijau baik untuk mengatasi anemia berkat kandungan 3 mg zat besi dalam setiap 100 gramnya.

Kandungan vitamin C sawi hijau juga tinggi sehingga bisa memaksimalkan penyerapan zat besi. 

8. Kacang panjang 
Dalam 100 gram kacang panjang, terkandung sekitar 1 mg zat besi, 10 mg vitamin C, dan 28 mcg folat.

Aneka nutrisi ini menjadikan kacang panjang sebagai alternatif sumber gizi yang baik untuk menambah darah dan mencegah anemia. 

9. Toge
Sayuran ini juga termasuk salah satu jenis sayur penambah darah. Ini karena toge mengandung zat besi, folat, dan vitamin C

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment