Inilah Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

13 August 2024 - 08:02 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ubi jalar ungu atau nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer seperti purple sweet potato, purple yam, dan Okinawa sweet potato merupakan varietas umbi asli Jepang

Rasa dari ubi ungu sendiri sebenarnya sangat beragam, mulai dari yang sangat manis, sedikit manis, hingga sedikit pahit hingga pahit.

Siapa sangka bahwa Ubi jalar ungu merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk melengkapi pola makan sehari-hari. .

Padahal, kandungan nutrisinya tidak kalah dengan ubi kuning seperti Karbohidrat: 20 gram, Serat: 3,3 gram, Lemak: kurang dari 1 gram, Vitamin B6: 18 persen dari kebutuhan harian, Vitamin C: 14 persen dari kebutuhan harian, Kalori: 87 kalori, Protein: 2 gram, Tembaga: 21 persen dari kebutuhan harian,Potasium: 8 persen dari kebutuhan harian,Mineral lainnya seperti mangan, tembaga, dan zat besi

Berikut manfaat ubi ungu bagi kesehatan dan kecantikan:
1. Menambah Energi

Untuk memastikan tubuh memiliki lebih banyak energi untuk beraktivitas sehari-hari, Anda perlu mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi setiap hari.Ubi ungu merupakan salah satu makanan penambah energi. Manfaat ini berkat kandungan vitamin B6 yang berperan dalam produksi energi.

2. Meningkatkan Kesuburan

Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi. Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan serat pangan dan vitamin A. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan kesuburan.

3. Mencegah Masalah Pencernaan

Mengkonsumsi ubi ungu dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan diare. Umbi-umbian ini kaya akan serat makanan, yang melunakkan tinja dan melancarkan pergerakan usus, sehingga proses pencernaan di usus menjadi lebih lancar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan mata disebabkan oleh tingginya kandungan betakaroten di dalamnya. Vitamin C, zinc, dan tembaga yang terdapat pada ubi ungu juga dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula.

5. Mengontrol Gula Darah

Ubi Jalar Ungu merupakan makanan rendah indeks glikemik yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa fenolik dan flavonoid yang ditemukan dalam ubi jalar meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam darah sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga memungkinkan kontrol kadar gula darah yang lebih baik.

6. Menurunkan Tekanan Darah dan Resiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa makan ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan potasium yang dikandungnya. Ubi ungu juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Selain itu, senyawa anti inflamasi yang terdapat pada ubi ungu juga diduga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Mencerahkan Kulit

Ubi jalar mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan efek memutihkan, cukup oleskan kaldu ubi ke seluruh wajah. Anda juga bisa melembabkan wajah dengan membuat campuran masker dengan mencampurkan air rebusan ubi jalar dengan sesendok yogurt dan madu murni.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Serat yang terkandung dalam ubi ungu membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk orang yang sedang diet atau berusaha menjaga berat badan ideal. Manfaat tersebut juga didukung dengan kandungan karbohidrat kompleks yang dikandungnya.

9. Menjaga Elastisitas Kulit

Ubi jalar kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit terutama produksi kolagen. Dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar, kolagen yang dihasilkan akan menjaga elastisitas kulit sehingga membuat wajah tampak lebih cerah, bercahaya, dan tentunya awet muda.

10. Menghilangkan Mata Panda
Lingkaran hitam di bawah mata atau disebut juga mata panda juga bisa dihilangkan dengan ubi. Alih-alih diminum secara rutin, cara penggunaannya adalah dengan menghancurkan ubi jalar dan menaruhnya di kantong air mata. Seperti halnya masker wajah lainnya, diamkan selama 20 menit lalu bilas area sekitar mata Anda dengan air mengalir.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment