Tidak Hanya Terhibur, Inilah Manfaat Menonton Konser Musik Untuk Kesehatan

12 May 2023 - 22:15 WIB
Foto: Allianz Indonesia

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pemerintah telah mengizinkan gelaran konser musik di beberapa kota besar di Indonesia. Mulai dari konser musik lokal hingga beberapa musisi mancanegara hadir menyajikan hiburan untuk dinikmati. Selain dapat memberikan kepuasan dalam pengalaman menikmati musik, menonton konser musik juga memiliki benefit bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari pmjnews.com, Jumat (12/5/23), berikut adalah sederet manfaat menonton konser musik bagi kesehatan:

Baca Juga:  DPR: Kombinasi ETLE dan Tilang Manual Tingkatkan Disiplin di Jalan

1. Mengurangi Stres

Stres terjadi ketika tubuh melepaskan kortisol yang meningkatkan glukosa dalam aliran darah. Hal ini membuat tubuh merasa perlu bekerja lebih keras untuk mengikuti apa pun yang membuat stres. Namun, saat menonton dan bersenang-senang dalam sebuah konser musik, tubuh tidak melepaskan banyak kortisol. Hal itu berarti lebih sedikit stres.

2. Melepaskan Hormon Bahagia

Penelitian menunjukkan, tindakan membeli tiket dan merencanakan acara akan melepaskan dopamin di otak. Hal itu membuat tubuh merasa lebih bahagia, bahkan sebelum tiba di tempat tersebut. Begitu berada di sana, bernyanyi bersama dan menikmati musiknya melepaskan endorfin yang akan membuat kita merasa lebih baik.

3. Membakar Kalori

Konser terbaik adalah konser yang membuat tubuh membakar lebih banyak kalori daripada yang dibayangkan, seperti menari sepenuh hati dan bernyanyi bersama sekuat tenaga. Saat menonton konser, kita bisa jadi aktif bergerak sepanjang malam, yang berarti membakar banyak kalori. Bahkan, saat kita hanya berdiri dan menonton, detak jantung akan lebih tinggi dari biasanya.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Menonton konser musik membantu mempromosikan neurogenesis, yang menumbuhkan neuron baru di otak. Semakin banyak neuron yang dimiliki, semakin baik fungsi otak.

5. Membantu Melawan Depresi

Musik adalah salah satu hal yang dapat masuk ke dalam jiwa seseorang dan membantu dengan cara yang tidak pernah bisa dilakukan oleh kata-kata. Hal itu memberikan harapan, mengetahui hidup ini belum berakhir dan masih banyak pengalaman positif di luar sana.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment