Tak Hanya Wanginya yang Enak, Ini Sederet Manfaat Rosemary Oil bagi Kesehatan Fisik dan Mental

19 July 2024 - 06:45 WIB
Olezzo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Rosemary oil mengandung beragam senyawa, seperti asam karnosat, karnosol, dan asam rosmarinic, dengan efek antioksidan, antiradang, serta antimikroba yang kuat. Karena efeknya ini, rosemary oil sejak ribuan tahun silam telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan otak.

Tak hanya itu, rosemary oil juga memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, folat, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Daun rosemary yang segar atau kering biasanya ditambahkan dalam beragam masakan untuk menambah rasa aromatik atau dijadikan sebagai teh herbal. Namun, minyak rosemary tidak disarankan untuk dikonsumsi dan hanya boleh digunakan dengan cara dioles atau dihirup.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (16/7/24), berikut sederet manfaat rosemary oil yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1. Mendorong pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat rosemary oil yang paling umum adalah mendorong pertumbuhan rambut, terutama pada orang yang mengalami kebotakan akibat androgenetic alopecia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa penggunaan rosemary oil sama efektifnya dengan obat penumbuh rambut, seperti minoxidil.

Menurut berbagai riset, rosemary oil dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara melancarkan aliran darah ke pembuluh darah kecil di kulit kepala, meningkatkan produksi hormon yang terlibat dalam pertumbuhan folikel rambut, dan menghambat peradangan yang menjadi penyebab kebotakan atau kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat rosemary oil ini, oleskan minyak tersebut ke kulit kepala 2 kali sehari kemudian pijat kepala secara perlahan. Karena rosemary oil termasuk minyak yang pekat, encerkan terlebih dahulu rosemary oil dengan carrier oil sebelum dioleskan ke kulit kepala untuk mencegah iritasi.

Anda juga bisa memanfaatkan rosemary oil untuk mengatasi rambut rontok, ketombe, atau kulit kepala gatal dengan cara mencampurkan beberapa tetes rosemary oil ke dalam sampo atau kondisioner. Agar lebih praktis, Anda pun bisa memilih sampo atau kondisioner yang telah mengandung rosemary oil.

2. Meningkatkan suasana hati

Rosemary oil bisa digunakan dengan cara dihirup sebagai aromaterapi. Caranya, Anda bisa memasukkannya ke dalam diffuser atau menaruh beberapa tetes minyak tersebut pada tisu untuk dihirup melalui hidung.

Menghirup aroma rosemary oil diketahui dapat meningkatkan mood, menenangkan pikiran, dan meredakan ketegangan akibat stres atau rasa cemas. Manfaat ini nantinya akan berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Rosemary oil bekerja dengan cara mengurangi kadar hormon penyebab stres sekaligus meningkatkan kadar dopamin di otak yang membuat tubuh lebih rileks. Menghirup rosemary oil juga memungkinkan senyawa di dalamnya memasuki aliran darah dan bekerja langsung di otak untuk meningkatkan suasana hati.

3. Mengobati jerawat

Rosemary oil sering ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk jerawat, seperti obat totol jerawat. Minyak esensial ini mengandung senyawa yang bersifat antibakteri sehingga efektif dalam melawan pertumbuhan sel-sel bakteri penyebab jerawat.

Sama seperti penggunaan rosemary oil pada kulit kepala, jangan langsung mengoleskan minyak murni tersebut ke jerawat. Anda perlu mengencerkan minyak rosemary oil yang murni dengan carrier oil, seperti minyak jojoba, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

4. Meredakan nyeri sendi

Rosemary oil bisa digunakan sebagai minyak pijat untuk meredakan nyeri sendi, bengkak, dan kaku. Manfaat rosemary oil ini diperoleh dari kandungan senyawa di dalamnya yang memiliki sifat antiperadangan.

Menurut beberapa penelitian, penderita radang sendi yang melakukan pijatan lutut selama 15 menit menggunakan minyak dengan campuran rosemary oil mengalami penurunan nyeri dalam waktu 2 minggu.

5. Menghangatkan tubuh

Tangan dan kaki dingin meskipun berada di tempat dengan suhu hangat merupakan tanda bahwa aliran darah kurang lancar. Nah, jika Anda mengalaminya, cobalah pijat tangan dan kaki dengan campuran rosemary oil.

Melakukan pijatan dengan rosemary oil dapat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah ke kaki dan tangan menjadi lancar. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa mengoleskan rosemary oil ke kulit dapat menghangatkan bagian tubuh yang kedinginan.

6. Mengurangi rasa kantuk

Menghirup aroma rosemary oil dapat mengurangi rasa kantuk. Menurut beberapa penelitian, senyawa dalam rosemary oil berperan sebagai stimulan untuk mengaktifkan bagian otak yang mengatur kewaspadaan. Penelitian lain juga mengatakan bahwa orang yang menghirup rosemary oil merasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk saat bekerja.

Tak hanya menghirupnya, Anda juga bisa mencoba pijatan jari di kepala menggunakan rosemary oil untuk menghilangkan rasa kantuk.

7. Mendukung fungsi kognitif

Menghirup rosemary oil dinilai dapat meningkatkan fungsi kognitif yang melibatkan proses berpikir, mengingat, pemecahan masalah, terutama pada orang lanjut usia.

Dalam sebuah penelitian kecil, rosemary oil dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan daya ingat. Orang yang menghirup rosemary oil melalui diffuser juga diketahui mengalami peningkatan kinerja.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment