Tak Hanya Terkandung dalam Produk Susu, Ini 9 Buah yang Kaya Akan Kalsium

13 March 2024 - 08:00 WIB
Unsplash

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kalsium merupakan jenis mineral yang berperan penting untuk banyak fungsi tubuh, terutama tulang. Kalsium juga bermanfaat memelihara kesehatan gigi, meningkatkan fungsi saraf, otot, serta metabolisme tubuh.

Beberapa jenis buah ternyata tinggi kandungan kalsium, meski jumlahnya tak dapat disejajarkan dengan susu, ikan, atau kacang-kacangan. Namun tak ada salahnya juga memperbanyak asupan kalsium secara alami dengan konsumsi buah-buahan tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (12/3/24), berikut sederet buah segar dan tinggi kalsium, antara lain:

1. Jeruk

Salah satu buah terbaik yang kaya akan kalsium adalah jeruk. Mengutip MedicineNet, jeruk mengandung 45 hingga 50 mg kalsium per 100 gram dan berbagai vitamin.

Tak hanya itu, jeruk menyediakan serat dan kaya akan antioksidan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Aprikot

Baca Juga: Gegana Polda DIY Sterilisasi Lokasi Ledakan Bahan Petasan di Bantul

Buah aprikot kering memiliki rasa yang enak dan menyehatkan. Dalam 100 gram buah aprikot umumnya mengandung sekitar 15 miligram kalsium.

Sertakan lebih banyak aprikot dalam makanan Anda dengan menambahkannya ke salad dan sereal sarapan atau nikmati saja secara langsung.

3. Kiwi

Melansir dari NDTV Food, buah kiwi tidak hanya kaya akan vitamin C, namun kandungan kalsiumnya yang bermanfaat bagi tubuh. Buah tropis ini dikatakan memiliki sekitar 60 miligram kalsium.

Anda bisa makan langsung buah kiwi, dijadikan jus, atau campuran oatmeal sebagai menu sarapan sehat yang mengenyangkan.

4. Buah beri

Blackberry, stroberi, dan raspberry adalah beberapa buah yang merupakan sumber kalsium yang baik. Masukkan ke dalam salad Anda atau makan secara langsung. Masing-masing buah diketahui mengandung lebih dari 20 miligram kalsium.

5. Pisang

Pisang sangat populer sebagai buah yang tinggi kalsium. Buah ini kaya akan kandungan kalium dan salah satu buah yang mengandung karbohidrat.

Di antara banyaknya kandungan nutrisi yang dikandungnya, terselip kandungan kalsium sebanyak 12 miligram dalam setiap 150 gram sajian pisang.

6. Pepaya

Dalam 100 gram pepaya mengandung 20 miligram kalsium. Pepaya dipercaya dapat melindungi dari risiko kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membantu meredakan nyeri. Anda bisa menikmati pepaya secara utuh atau dijus.

7. Apel

Meski hanya sedikit, apel juga mengandung kalsium. Dalam satu buah apel berukuran sedang atau sekitar 120 gram, terdapat kandungan kalsium sebanyak 6 miligram.

8. Jambu biji

Jambu biji mengandung 18 mg kalsium per 100 gram porsi. Selain itu, kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan. Buah-buahan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil.

9. Prune

Prune dikenal sebagai buah yang memiliki kemampuan melawan sejumlah penyakit.

Satu gelas jus plum mengandung 55 miligram kalsium. Prune dapat dimasukkan dalam makanan rutin Anda dalam bentuk buah utuh dan jus.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment