Tak Hanya Nikmat, Ternyata Strawberry Smoothies Miliki Ragam Manfaatnya bagi Tubuh

8 September 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Strawberry atau stroberi kerap bikin tergiur karena rasanya yang manis dan warnanya yang merah merona. Salah satu olahan strawberry yang bisa kamu coba adalah strawberry smoothies, yakni strawberry yang diblender bersama air, susu, atau yoghurt.

Tak hanya itu, smoothies ini juga bisa dilengkapi dengan buah lain, kacang, atau biji-bijian seperti chia seed, lho.

Strawberry smoothies dibuat dari buah strawberry yang kaya nutrisi. Di dalamnya, terdapat karbohidrat, serat, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalsium, dan kalium.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (6/9/24), berikut sederet khasiat strawberry smoothies bagi tubuh, antara lain:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Mengonsumsi strawberry smoothies bisa menambah asupan nutrisi, terutama serat, vitamin, dan mineral. Hal ini bisa membantu tubuh untuk bekerja dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit kronis, seperti obesitas dan radang sendi.

Tak hanya itu, buah strawberry sendiri juga kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menambah nafsu makan

Bisa dibayangkan, strawberry smoothies umumnya punya cita rasa asam dan manis. Hal ini tentunya bisa membuat kita lebih tergiur dan nafsu makan pun meningkat.

Jadi, strawberry smoothies bisa jadi pilihan bagus untuk mengonsumsi makanan sehat saat kamu sedang tak nafsu makan atau kurang fit.

Tak hanya itu, minuman ini cocok untuk memancing nafsu makan anak yang melakukan gerakan tutup mulut(GTM), lho.

Strawberry smoothies juga bisa dikonsumsi untuk membantu menambah nafsu makan bagi ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat dalam strawberry smoothies lebih tinggi daripada minuman buah lainnya, misalnya jus stroberi. Nah, tingginya serat dalam minuman ini bisa menyehatkan pencernaan dengan meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus. Dengan begitu, kamu terhindar dari masalah pencernaan, khususnya sembelit.

4. Menambah energi

Strawberry smoothies bisa menjadi pilihan minuman untuk menambah energi berkat kandungan gula, vitamin, dan mineralnya. Dengan mencukupi asupan ketiga nutrisi tersebut, tubuh bisa terasa lebih bertenaga.

Meski begitu, kalau kamu sudah minum smoothies baik itu dari strawberry maupun buah lainnya, sebaiknya hindari konsumsi makanan ringan lain yang mengandung banyak gula, ya.

Hal ini karena smoothies sendiri sudah banyak mengandung gula, sedangkan konsumsi gula berlebihan justru tidak baik karena bisa menyebabkan berat badan berlebih dan diabetes.

5. Memperkuat tulang dan sendi

Mengonsumsi strawberry smoothies bisa meningkatkan asupan kalsium harian, lho, terutama jika kamu menggunakan susu atau yoghurt sebagai salah satu bahannya.

Kalsium ini merupakan mineral yang penting untuk menjaga serta memperkuat tulang dan sendi.

Agar minuman ini semakin bermanfaat untuk tulang, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak seperti susu skim atau susu kacang, ya.

6. Mencegah kerusakan kulit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, strawberry smoothies mengandung banyak vitamin C. Tak hanya menjaga daya tahan tubuh, vitamin ini juga bisa menyehatkan kulit, lho.

Vitamin C pada minuman ini cocok untuk meningkatkan produksi kolagen serta mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan antioksidan, khususnya antosianin, dalam strawberry smoothies bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Tak hanya memberikan warna yang memikat pada strawberry, antioksidan ini juga bisa melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah normal.

Meski begitu, manfaat ini baru bisa kamu peroleh dengan maksimal jika minum strawberry smoothies tanpa tambahan pemanis, ya, karena pemanis tambahan justru bisa berisiko meningkatkan tekanan darah.

8. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat strawberry smoothies adalah menyehatkan jantung. Manfaat ini bisa kamu dapatkan berkat kandungan serat dan antioksidan, khususnya antosianin, yang tinggi dalam strawberry.

Kedua nutrisi tersebut bisa mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga risiko untuk mengalami penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, bisa berkurang.

9. Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan buah dalam strawberry smoothies kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan risiko terkena kanker. Meski begitu, mengonsumsi minuman ini bukanlah satu-satunya cara agar kamu terhindar dari kanker, melainkan kamu juga perlu rutin makan buah dan sayuran segar lainnya.

Tak hanya mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, membatasi konsumsi alkohol, serta berhenti merokok, juga dibutuhkan agar terhindar dari kanker.

(sy/hnnm)

Share this post

Sign in to leave a comment