Catat, Ini Sederet Cara Mengatasi Mata Merah Akibat Handphone

7 September 2024 - 06:45 WIB
Freepik

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Penggunaan handphone (HP) dalam aktivitas sehari-hari bisa membuat mata jadi merah, terutama jika dilakukan secara berlebihan. Hal ini karena saat menggunakan HP, kita menghabiskan waktu untuk melihat layar (screen time).

Kondisi mata merah karena HP biasanya diiringi dengan gejala lain, seperti mata terasa panas, mudah silau, nyeri di sekitar mata, sampai penglihatan buram. Meskipun biasanya tidak berbahaya, hal ini tentunya terasa tidak nyaman dan bisa menghambat aktivitasmu.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/9/24), berikut sederet cara mengatasi mata merah karena layar HP, antara lain:

1. Sering berkedip

Saat fokus melihat layar HP, komputer, laptop, biasanya kita jadi lebih jarang berkedip daripada biasanya. Padahal, berkedip merupakan cara alami tubuh untuk melembapkan mata, sehingga bisa menyegarkan kembali mata yang lelah.

Jika kedipan kurang, mata bisa lebih mudah kering. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya perbanyak mengedipkan kedua mata saat menatap layar HP maupun media elektronik lainnya.

2. Gunakan obat tetes air mata buatan

Jika sering berkedip saja tidak cukup untuk melembapkan kembali mata yang merah, kamu juga bisa menggunakan obat tetes air mata buatan. Obat ini bisa mengurangi keluhan mata kering yang sering ditandai dengan mata yang memerah.

Obat ini bisa kamu beli bebas di apotek. Namun, jangan lupa untuk menggunakannya sesuai anjuran pada kemasan.

3. Berhenti dulu menggunakan HP

Cara lain untuk meredakan mata merah karena HP adalah menghentikan dulu penggunaan alat elektronik tersebut dan lihatlah benda-benda lain di sekitar. Hal ini bisa mengubah fokus mata agar tidak terpaku pada benda yang sama dalam waktu lama. Dengan begitu, mata tidak tegang dan keluhan mata merah pun bisa berkurang.

Untuk menerapkan cara ini, kamu juga bisa menggunakan metode 20-20-20, yakni melihat benda sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik, setelah menggunakan HP selama 20 menit. Jika perlu, kamu bisa menggunakan alarm di ponsel sebagai pengingat untuk menerapkan metode ini.

4. Pakai kacamata khusus

Pemakaian kacamata yang dirancang khusus untuk menatap layar bisa membantu meringankan mata merah karena HP. Soalnya, kacamata khusus ini bisa menghalangi cahaya sinar biru (blue light) yang disebut dapat membuat mata cepat lelah dan merah.

Dengan begitu, mata jadi lebih terlindungi dan tidak memerah lagi. Meski demikian, efektivitas kacamata ini dalam mencegah dan mengatasi mata merah karena HP masih belum jelas dan perlu diteliti lebih lanjut, ya.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment