Tak Hanya Menjadi Menu Sarapan, Ini Sederet Manfaat Sari Kacang Hijau bagi Kesehatan

19 July 2024 - 07:15 WIB
Cookpad

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ada banyak cara untuk menikmati kacang hijau, salah satunya dengan diambil sarinya dan dijadikan minuman sehat. Manfaat sari kacang hijau pun tidak jauh berbeda dengan kacang hijau itu sendiri. Minuman sehat dan lezat ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat sari kacang hijau tentu tidak terlepas dari nutrisi di dalamnya. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam sari kacang hijau cukup lengkap, di antaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, serta serat.

Tak hanya itu, sari kacang hijau juga mengandung vitamin B kompleks serta mineral, seperti fosfor, kalsium, kalium, zat besi, mangan, magnesium, dan zinc. Antioksidan juga banyak terdapat dalam sari kacang hijau, seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, vitexin, dan isovitexin.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (16/7/24), berikut sederet manfaat sari kacang hijau yang sayang untuk, dilewatkan, antara lain:

Karena mengandung beragam nutrisi, sari kacang hijau bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau camilan yang menyehatkan. Berikut ini adalah berbagai manfaat sari kacang hijau yang sayang untuk dilewatkan:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sari kacang hijau merupakan salah satu minuman berserat tinggi yang baik untuk pencernaan. Jenis serat yang terkandung dalam sari kacang hijau adalah serat larut yang disebut pektin. Serat ini dapat mempercepat pergerakan makanan di dalam usus dan melancarkan pencernaan.

Berbagai penelitian juga menunjukkan manfaat sari kacang hijau dalam menyehatkan usus, meningkatkan kekebalan usus, bahkan menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Selain itu, sari kacang hijau juga mengandung pati resisten yang bermanfaat dalam memberi nutrisi untuk bakteri usus yang sehat.

2. Menekan rasa lapar

Sari kacang hijau bisa dijadikan sebagai minuman penunda lapar. Manfaat sari kacang hijau ini diperoleh dari kandungan serat dan protein di dalamnya yang dapat menekan hormon rasa lapar, seperti ghrelin, sekaligus mendorong pelepasan hormon yang membuat perut terasa kenyang, contohnya peptida YY dan cholecystokinin.

Oleh karena itu, sari kacang hijau yang mengenyangkan ini cocok dikonsumsi jika Anda menjalani program penurunan berat badan. Minum sari kacang hijau bisa menekan nafsu makan berlebih dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Mendukung kehamilan yang sehat

Ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan folat setiap hari. Alasannya, nutrisi ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal di dalam kandungan, serta menurunkan risiko bayi terlahir cacat.

Nah, sari kacang hijau termasuk minuman tinggi folat yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak hanya folat, minuman ini juga kaya akan kandungan mineral, protein, serat, dan vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan. Jadi, daripada mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi gula, Anda lebih baik minum sari kacang hijau.

4. Mencegah anemia

Manfaat sari kacang hijau terkenal dapat mencegah anemia. Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, folat, atau vitamin B12.

Nah, sari kacang hijau bisa dijadikan sebagai minuman penambah darah karena mengandung banyak zat besi dan folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah.

5. Mencegah heat stroke

Sari kacang hijau bisa menjadi minuman yang baik dikonsumsi saat beraktivitas di cuaca yang panas untuk mencegah heat stroke dan dehidrasi. Minuman sari kacang hijau bahkan dapat menghilangkan rasa haus dan menjaga hidrasi tubuh dengan lebih baik daripada air putih.

Hal ini karena sari kacang hijau mengandung antioksidan asam caffeic, vitexin, dan isovitexin yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang terbentuk selama heat stroke.

6. Mengontrol kadar kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol di dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan menghindari asupan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tanpa gula tambahan.

Sari kacang hijau bisa menjadi pilihan minuman yang tepat untuk menjaga kadar kolesterol. Manfaat sari kacang hijau dalam mengontrol kolesterol berasal dari kandungan serat dan fitosterol di dalamnya yang dapat membantu tubuh mengatur produksi dan penyerapan kolesterol.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum sari kacang hijau dapat mengurangi kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

7. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, sari kacang hijau termasuk minuman yang cocok untuk dikonsumsi. Ini karena sari kacang hijau mengandung kalium, magnesium, dan serat. Konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi.

8. Menjaga kadar gula darah

Penderita diabetes atau gula darah tinggi disarankan untuk membatasi asupan gula, terutama minuman manis. Tujuannya agar gula darah terkontrol dengan baik. Namun, mungkin ada kalanya Anda ingin minum minuman manis untuk meningkatkan mood. Nah, sari kacang hijau adalah pilihan yang paling tepat.

Sari kacang hijau mengandung serat yang dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadarnya tetap stabil. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam sari kacang hijau memiliki sifat antidiabetes dan berperan membantu insulin bekerja lebih efektif untuk mengendalikan gula darah.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment