Susu Almond, Ini Khasiatnya bagi Ibu Hamil

15 August 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Susu almond merupakan susu yang terbuat dari kacang almond. Susu ini mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil juga janin, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, serat, kalium, serta vitamin D dan vitamin E. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada susu almond cukup tinggi lho, Bumil.

Selain padat nutrisi, susu almond untuk ibu hamil juga cocok dijadikan pilihan bagi yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Ini karena susu almond 100% terbuat dari kacang almond, sehingga tidak mengandung protein susu sapi maupun laktosa yang kerap menyebabkan alergi atau gangguan pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (11/8/24), berikut sederet manfaat susu almond bagi bumil yang kaya akan nutrisi, antara lain:

1. Mengontrol kenaikan berat badan

Kalori dalam susu almond lebih rendah daripada susu sapi. Ini artinya, minum susu almond tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang terlalu banyak ya, Bumil. Oleh karena itu, susu ini cocok dijadikan pilihan bagi ibu hamil yang obesitas atau dianjurkan untuk mengontrol kenaikan berat badan.

Tak hanya itu, kandungan serat, karbohidrat, lemak, dan protein di dalam susu ini bisa membuat perut Bumil kenyang lebih lama, sehingga mampu menekan keinginan ngidam makanan tidak sehat, Bumil.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat susu almond untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Soalnya, susu almond mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk imunitas, seperti protein, antioksidan, vitamin B, dan vitamin E.

Berkat kandungan nutrisinya ini, susu almond bisa menjaga imunitas agar Bumil tidak mudah sakit. Namun, agar daya tahan tubuh terjaga, Bumil juga perlu beristirahat yang cukup, mengontrol stres, dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya, ya.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Serat tidak hanya terkandung di dalam buah dan sayur, tetapi juga pada kacang almond, lho. Memenuhi kebutuhan serat harian bisa menjaga kesehatan saluran cerna.

Pada ibu hamil, serat berperan penting dalam mencegah dan meredakan sembelit. Soalnya, serat bisa membuat tinja lebih padat dan mudah dikeluarkan, sehingga Bumil bisa BAB lebih nyaman.

4. Meningkatkan produksi ASI

Saat hamil, kelenjar susu ibu hamil mulai bekerja untuk mempersiapkan dan menghasilkan ASI yang akan keluar setelah melahirkan. Nah, mengonsumsi susu almond saat hamil diketahui turut merangsang dan meningkatkan produksi ASI, lho.

Alasannya, kacang almond termasuk dalam jenis ASI booster yang bisa menambah jumlah ASI. Memiliki ASI melimpah sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati dan meningkatkan bobot tubuhnya.

5. Menjaga kadar gula darah

Memiliki kadar gula darah yang normal saat hamil sangat penting untuk mencegah diabetes gestasional. Rutin mengonsumsi susu almond diketahui memiliki efek baik untuk mengontrol gula darah ibu hamil.

Soalnya, susu ini termasuk minuman dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan membuat kadar gula darah cepat naik.

Namun, agar gula darah tetap terkontrol, sebaiknya pilih susu almond tanpa perasa atau pemanis tambahan, ya.

6. Meringankan kram kaki

Susu almond mengandung kalium yang berperan untuk mengatur kontraksi otot dan melancarkan aliran darah. Memenuhi kebutuhan kalium harian bisa membantu meringankan keluhan kram kaki yang sering dialami ibu hamil.

7. Menjaga tekanan darah tetap normal

Tak hanya bisa meringankan keluhan kram kaki, kandungan kalium di dalam kacang almond juga berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal, nih.

Tak hanya kalium, antioksidan di dalam susu ini juga bisa melindungi Bumil dari tekanan darah tinggi atau hipertensi gestasional.

8. Memperkuat tulang dan sendi

Susu almond mengandung kalsium dan sejumlah mineral yang bisa menjaga dan memperkuat tulang. Dengan tulang dan sendi yang sehat, Bumil bisa melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan.

Tak hanya itu, kandungan kalsium pada susu almond juga penting untuk memperkuat tulang dan gigi janin, lho.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment