Waspadai, Ini Sederet Kebiasaan yang Dapat Picu Asam Urat

14 August 2024 - 21:30 WIB
Freepik

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Asam urat merupakan penyakit yang kerap membuat persendian terasa sakit dan pegal. Saat penyakit ini muncul, aktivitas penderitanya bisa terganggu karena rasa sakit luar biasa di beberapa bagian tubuh.

Asam urat bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa di beberapa bagian tubuh. Namun, ternyata masalah kesehatan ini muncul karena beberapa kebiasaan pemicu asam urat.

Dulu mungkin Anda menganggap penyakit ini hanya diderita lansia (lanjut usia). Namun, sekarang asam urat justru juga bisa dirasakan para kawula muda.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (13/8/24), berikut sederet kebisaan yang dapat memicu asam urat, antara lain:

1. Pakai sepatu sempit

Hal sepele yang mungkin sering tidak dianggap tapi bisa memicu asam urat ternyata berkaitan dengan ukuran sepatu. Memakai sepatu dengan ukuran lebih kecil dari yang seharusnya ternyata bisa picu asam urat.

Pasalnya, ukuran yang kecil bisa membuat kaki terasa sakit dan menyebabkan asam urat lebih mudah kambuh.

2. Sering panas-panasan

Saat berada di udara yang panas terik, keringat akan lebih mudah keluar dan efeknya Anda lebih mudah dehidrasi dan kehilangan cairan. Masalah ini bisa memicu asam urat karena kekurangan cairan yang terlalu sering dan jarang diatasi.

3. Jarang minum

Asam urat sering dikaitkan dengan masalah batu ginjal. Hal ini bisa terjadi saat Anda kekurangan asupan minum air putih terlalu sering.

4. Hobi makan jeroan

Ati, usus, ampela, baik itu dari daging ayam, sapi, atau kambing semuanya bisa memicu asam urat. Semua makanan ini tinggi purin, zat yang bisa memicu asam urat muncul di tubuh Anda.

5. Sering minum soda

Kandungan gua yang cukup tinggi dalam minuman soda bisa meningkatkan kadar asam dalam darah. Inilah yang menyebabkan asam urat muncul.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment