Santap Daging Kurban Jangan Lupa Minuman Penurun Darah Tinggi Ini!

21 June 2023 - 07:45 WIB
Foto: Fimela

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Hari raya Idul Adha atau biasa disebut juga dengan Idul Kurban merupakan momen kebahagiaan bagi setiap umat muslim. Umat muslim sendiri diberi kesempatan untuk berkurban, baik kambing maupun sapi. Selasa (20/6/23).

Sehingga hari raya Idul Adha selalu dijadikan momen untuk “makan enak” dengan banyaknya daging kurban. Tetapi, perlu diperhatikan bagi penderita hipertensi , karena penderita hipertensi sebaiknya menghindari konsumsi daging secara berlebihan. Salah satu upaya untuk mengatasi tekanan darah tinggi yaitu dengan mengubah pola makan ke yang lebih sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk penurun darah tinggi juga dapat membantu menjaga kesehatan.

Berikut jenis minuman penurun darah tinggi yang dapat membantu ketika menyantap daging kurban di Hari Raya Idul Adha yang dirangkum dari rri.co.id:

1. Jus Tomat

Minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun untuk menghindari natrium yang tidak perlu dan dapat memiliki efek sebaliknya, pastikan untuk membuat jus tanpa gula.

2. Jus Bit

Sayuran berwarna-warni dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan. Mereka juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Buah bit kaya akan nitrat makanan, senyawa yang dikenal memiliki efek penurun tekanan darah. Artinya, minuman ini juga ramah untuk jantung, maka ketika anda merasakan tensi anda tinggi saat makan daging kurban coba minuman ini.

Baca Juga:  Polisi Amankan Seorang Wanita Pemilik 3 Paket Sabu

3. Jus Delima

Buah delima kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, selain itu juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Maka tidak heran jika jus delima dapat berkontribusi sebagai pola makan yang baik untuk kesehatan jantung. Jika anda ingin minum jus delima untuk menurunkan tekanan darah, pastikan untuk tidak menambahkan gula. Hal itu, agar menghindarkan anda dari kandungan natrium yang berlebihan.

4. Jus Berry

Seperti buah delima, buah berry dikenal karena sifat antioksidannya. Namun, sedikit yang mengetahui tentang manfaat untuk jantung. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi jus buah berry dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL. Namun lagi-lagi, pastikan untuk meminum jus berry tanpa mengandung gula tambahan.

5. Susu Skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah komponen kunci dari pola makan untuk mencegah hipertensi. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi susu rendah lemak dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Cobalah untuk minum susu skim dua hingga tiga gelas per hari. Anda dapat meminumnya langsung atau menambahkannya ke sereal atau smoothie.

6. Teh

Minuman terakhir yang dapat dikonsumsi adalah teh hitam atau teh hijau. Minuman ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, penurunan tekanan darah lebih signifikan jika minum teh hijau. Tetapi jika tidak ada, anda bisa menggunakan teh pada umumnya tanpa menggunakan gula tentunya.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment